Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Salurkan CSR Rp72,7 Juta bagi Kelompok Difabel Kota Salatiga

Bank Jateng menyalurkan CSR senilai Rp72,7 juta kepada kelompok difabel Harapan Mandiri Salatiga. 
Wali Kota Salatiga Yuliyanto (tengah) didampingi Pimpinan Bank Jateng Cabang Salatiga Yohanes Suhartono (kiri) menyerahkan bantuan simbolis dari Bank Jateng  kepada ketua  kelompok difabel Harapan Mandiri  Ngatimin di Rumah Dinas Wali Kota, Senin (23/12).
Wali Kota Salatiga Yuliyanto (tengah) didampingi Pimpinan Bank Jateng Cabang Salatiga Yohanes Suhartono (kiri) menyerahkan bantuan simbolis dari Bank Jateng kepada ketua kelompok difabel Harapan Mandiri Ngatimin di Rumah Dinas Wali Kota, Senin (23/12).

Bisnis.com, SALATIGA - Bank Jateng menyalurkan CSR senilai Rp72,7 juta kepada kelompok difabel Harapan Mandiri Salatiga. 

Adapun, bantuan secara simbolis diserahkan Pimpinan Bank Jateng Cabang Salatiga Yohanes Suhartono kepada Wali Kota Yuliyanto dan dari Wali Kota diserahkan kepada ketua  kelompok difabel Harapan Mandiri   Ngatimin di Rumah Dinas Wali Kota, Senin (23/12/2019). 

Penyerahan juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Roch Hadi, Kepala Bapelitbangda Susanto, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Budi Prasetyo.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Salatiga Yohanes Suhartono mengatakan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) wilayah pada 17 Februari 2019 di Pendapa Pemerintah Kabupaten Demak, perwakilan kelompok difabel Harapan Mandiri Salatiga mengutarakan beberapa kendala yang dihadapi. 

Di antaranya, belum mempunyai tempat terapi yang dekat dengan rumah. Sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu dan tidak mengganggu jadwal sekolah bagi anak-anak penyandang disabilitas. 

"Menanggapi hal tersebut Bapak Gubernur Jateng menyarankan untuk menyusun dan menyampaikan proposal   permohonan CSR kepada Bank Jateng. Dengan persetujuan Bapak Gubernur selaku pemegang saham pengendali, memberikan CSR  sebesar Rp 72,7 juta kepada kelompok difabel Harapan Mandiri Salatiga," kata Yohanes Suhartono melalui siaran pers yang diterima Bisnis Rabu (25/12/2019).

Menurut Yohanes, dana bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk pembuatan ruang dan pengadaan sarana prasarana terapi seperti lampu inframerah, balok titian, bola terapi, matras, dan lainnya. 

Dia menjelaskan, ruang tersebut juga digunakan untuk sanggar inklusi difabel yang dapat digunakan untuk tempat difabel belajar, berkarya, dan memamerkan hasilnya. 

Dana tersebut juga akan digunakan untuk program peningkatan kapasitas difabel dengan pelatihan menjahit sampai tahap profesional. 

"Dengan pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyandang disabilitas. Di antaranya dalam membantu perkembangan fisik maupun mental difabel. Juga dengan peningkatan kapasitas  (capacity buliding) akan meningkatkan ekonomi keluarga difabel," tuturnya.

Ditambahkan Yohanes, kelompok difabel Harapan Mandiri beranggotakan 85 orang penyandang disabilitas. Mereka terdiri atas tuna daksa, tuna wicara, tuna rungu, tuna grahita, tuna netra, dan tuna ganda. Rentang usia mereka beragam dari balita hingga dewasa. 

Ketua kelompok difabel Harapan Mandiri, Ngatimin menyampaikan terima kasih atas bantuan ini. Diharapkan bantuan ini bisa bermanfaat dalam membantu teman-teman penyandang disabilitas untuk pemberdayaan baik itu pelatihan kerja atau terapi. 

Wali Kota Salatiga Yuliyanto berharap, bantuan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan kelompok sehingga keberadaan kelompok difabel Harapan Mandiri tetap eksis di Kota Salatiga. 

"Terimakasih kepada Bank Jateng yang telah peduli dan memberikan bantuan, semoga bisa membantu kelompok difabel ini untuk menjalankan kegiatan dan pemberdayaan kelompoknya sehingga keberadaannya bisa eksis di Kota Salatiga. Saudara (difabel) kita ini ingin berbuat sesuatu untuk kota Salatiga, tentunya saya beserta Pemerintah melalui OPD khususnya Dinsos untuk terus membantu melalui jalur apapun, termasuk CSR yang dalam hal ini adalah Bank Jateng,” jelas Yuliyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler