Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Jateng Bisa dari Tokopedia

Tokopedia menjalin kemitraan dengan seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan pelayanan publik dan ekonomi digital.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dua dari kiri) bersama Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edision di Tokopedia Tower, Senin (27/1/2020)./Ist
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dua dari kiri) bersama Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edision di Tokopedia Tower, Senin (27/1/2020)./Ist

Bisnis.com, SEMARANG - Perusahaan teknologi, Tokopedia, menjalin kemitraan dengan seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan pelayanan publik dan ekonomi digital.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan Tokopedia bekerja sama dengan seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten, Provinsi Jawa Tengah, menghadirkan fitur pembayaran PBB secara online.

"Sederet nilai tambah yang ditawarkan melalui fitur ini diharapkan mampu membuat masyarakat Jawa Tengah dapat mengakses layanan publik dengan lebih mudah, cepat dan aman," kata Astri melalui siaran persnya Selasa (28/1/2020).

Tokopedia terus fokus mengembangkan layanan pembayaran PBB, Samsat, Retribusi, hingga pajak daerah lainnya di Jawa Tengah. Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2019, terdapat kenaikan jumlah transaksi/pengguna pembayaran PBB online di Jawa Tengah sebesar 10 kali lipat.

Selain Jawa Tengah, fitur pembayaran PBB juga telah hadir di lebih dari 70 kota/kabupaten di Indonesia. Di samping itu, terdapat berbagai macam transaksi pembayaran lainnya yang tersedia di Tokopedia mulai dari Tagihan Telepon Pulsa, Angsuran atau Cicilan, Gas PGN, Tagihan PDAM, dan masih banyak lagi.

"Fitur pembayaran PBB online ini diharapkan dapat mempermudah dan mempersingkat proses administrasi masyarakat dalam pembayaran pajak. Lebih jauh lagi, kami berharap inovasi ini dapat memaksimalkan potensi penerimaan negara sebagai jembatan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi kerja sama antara Pemkab/Pemkot di Jawa Tengah dengan Tokopedia, salah satunya dalam menghadirkan fitur pembayaran PBB online sebagai salah satu cara baru untuk lebih mempermudah masyarakat dalam membayar pajak di mana saja dan kapan saja.

"Hal ini diharapkan dapat membuat para wajib pajak dapat membayarkan pajaknya dengan lebih mudah dan cepat sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan daerah, yang juga akan menunjang kelancaran pembangunan Jawa Tengah," ujarnya.

Masyarakat yang ingin menikmati layanan ini cukup memasukkan nomor pembayaran/nomor pokok objek pajak/SPPT PBB di laman yang sudah disediakan serta memilih kota/kabupaten yang ingin dibayarkan dalam platform Tokopedia dan nilai tarif akan muncul sebagai tagihan PBB.

"Pembayaran dapat dilakukan dengan 25 metode pembayaran, termasuk transfer antar bank, kartu kredit, melalui gerai minimarket dan sebagainya. Selain melakukan pembayaran PBB secara online, seluruh masyarakat Indonesia juga dapat mengecek nilai tagihan dengan mudah," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper