Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Playen Bangun Pasar Desa, Manfaatkan Bekas Pasar Darurat

Pemerintah Desa (Pemdes) Playen, Kecamatan Playen, berencana menjadikan lokasi bekas Pasar Darurat Playen menjadi pasar desa. Tindak lanjut dari rencana ini Pemdes sudah berkirim surat ke Bupati untuk meminta hibah terkait dengan aset pasar darurat.
David Kurniawan
David Kurniawan - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  03:30 WIB
Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan bekas pasar darurat selama Pasar Playen diperbaiki, Senin (24/2/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan
Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan bekas pasar darurat selama Pasar Playen diperbaiki, Senin (24/2/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan

Bisnis.com, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Desa (Pemdes) Playen, Kecamatan Playen, berencana menjadikan lokasi bekas Pasar Darurat Playen menjadi pasar desa. Tindak lanjut dari rencana ini Pemdes sudah berkirim surat ke Bupati untuk meminta hibah terkait dengan aset pasar darurat.

Kepala Desa Playen, Surahno, mengatakan selama proses pembangunan Pasar Playen, pedagang dipindah ke lokasi darurat yang menggunakan area lapangan Desa Playen. Setelah dua tahun dan pembangunan pasar selesai, para pedagang kembali ke lokasi lama di Pasar Playen. “Semua pedagang saat ini sudah pindah,” kata Surahno, Senin (24/2/2020).

Bekas lokasi pasar darurat saat ini tak terpakai. Pemdes Playen pun berencana memanfaatkan untuk pasar desa. “Pedagang yang belum tertampung di Pasar Playen nantinya bisa ditampung di pasar desa, toh lokasinya juga tidak terlalu jauh,” katanya.

Untuk pembangunan pasar desa ini Pemdes Playen mengajukan permintaan hibah aset ke Pemkab. “Surat sudah kami kirim dan secara informal diperbolehkan. Tapi untuk kepastian masih menunggu surat resminya,” katanya.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Ari Setiyawan, mengatakan rencana pembangunan pasar desa di bekas lokasi Pasar Darurat Playen sepenuhnya berada di kewenangan pemdes. Menurut dia, jajarannya sudah mendapatkan informasi terkait dengan pengajuan hibah aset yang digunakan di pasar darurat. “Tindaklanjutnya berada di bagian aset,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Tradisional gunungkidul
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top