Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemudik dari Zona Merah Dilarang Masuk Kudus, 50 Mobil Terpaksa Putar Balik

Sekitar 50 unit kendaraan roda empat milik pemudik yang akan masuk ke Kabupaten Kudus diminta putar balik. Hal itu tampak dari kegiatan check point yang berlangsung selama sekitar satu jam di depan Terminal Induk Jati, Kudus.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 27 April 2020  |  20:52 WIB
Calon penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) berada di dekat loket pembelian tiket di Terminal Pulo Gebang di Jakarta, Kamis (23/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Calon penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) berada di dekat loket pembelian tiket di Terminal Pulo Gebang di Jakarta, Kamis (23/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SEMARANG - Sekitar 50 unit kendaraan roda empat milik pemudik yang akan masuk ke Kabupaten Kudus diminta putar balik. Hal itu tampak dari kegiatan check point yang berlangsung selama sekitar satu jam di depan Terminal Induk Jati, Kudus.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kendaraan yang masuk ke dalam kota.

Dalam kegiatan ini, petugas melakukan pengalihan arus ke dalam terminal. Kendaraan dari luar kota diwajibkan masuk ke dalam terminal untuk menjalani pemeriksaan. Kendaraan dari luar kota itu, terutama dari zona merah diantisipasi agar tidak masuk ke dalam kota.

“Ketika kita periksa di terminal, mereka orang dari Jakarta, kita putar balik kendaraannya agar kembali ke daerah asal mereka. Hampir sekitar 50 unit kendaraan yang diputarbalikkan untuk siang hari ini,” kata Pandu sebagaimana dikutip dari laman Pemprov Jateng, Senin (27/4/2020).

Dia menuturkan alasan pemutar balikkan kendaraan dari luar kota adalah untuk menghindari adanya penyebaran virus masuk corona. Kegiatan itu akan mereka lakukan dari pagi, siang hingga sore hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil terus mengimbau supaya masyarakat Kudus yang ada di luar kota untuk tidak mudik tahun ini. Kendati demikian, pihaknya mendata jumlah pemudik sampai hari ini yang tercatat ada 1.200 orang.

“Hari ini [pagi sampai siang] ada tiga orang pemudik yang sudah masuk,” ujarnya di lokasi.

Adapun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan 83 lokasi check point atau pos pemeriksaan bagi pemudik yang datang dari berbagai daerah. Hal ini untuk mengantisipasi pemudik yang nekat pulang kampung meski pemerintah melarang mudik. Check point disiapkan Pemprov Jateng guna menindaklanjuti larangan mudik yang dikeluarkan Presiden RI Joko Widodo

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Larangan Mudik Lebaran
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top