Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PSBB Jakarta Hari Pertama, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Menurun

Di dua bulan terakhir, bandara tersebut mampu membukukan peningkatan jumlah penumpang cukup signifikarnn
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 September 2020  |  17:10 WIB
Bandara Adi Soemarmo - adisumarmo/airport.com
Bandara Adi Soemarmo - adisumarmo/airport.com

Bisnis.com, SOLO - Saat hari pertama pemberlakuan PSBB jilid kedua di DKI Jakarta, jumlah penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Solo, mengalami penurunan.

"Berdasarkan data kami, jika pada Senin minggu sebelumnya jumlah penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 800 orang, untuk Senin kemarin hanya sekitar 600 orang," kata General Manager Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan di Solo, Selasa (15/9/2020).

Meski demikian, berdasarkan data, jumlah penerbangan rute Solo dalam satu hari masih sebanyak 12 penerbangan.

"Kami belum bisa melihat [apakah ini dampak PSBB], tetapi sejauh ini masih ada sejumlah maskapai penerbangan yang menyiagakan pesawatnya," katanya.

Sementara itu, jumlah penumpang pada Senin (14/9) mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan hari sebelumnya. Pada Minggu (13/9/2020) jumlah penumpang masih mencapai 1.400 orang dalam satu hari.

"Memang di beberapa kali weekend (hari libur), jumlah penumpang di atas 1.000 orang/hari. Dengan adanya informasi mengenai PSBB di Jakarta kami masih akan memonitor [evaluasinya] di minggu berikutnya," kata Yani.

Ia mengatakan sejauh ini untuk penerbangan rute Solo-Jakarta masih menjadi favorit masyarakat. Bahkan, beberapa maskapai yang membuka penerbangan melalui Solo, di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Batik Air, masih melayani rute Cengkareng dan Halim Perdanakusuma.

Menurut dia, sebetulnya di dua bulan terakhir yaitu Juli dan Agustus, bandara tersebut mampu membukukan peningkatan jumlah penumpang cukup signifikan, dari sekitar 17.000 penumpang di bulan Juli menjadi 34.000 penumpang di bulan Agustus.

"Angka ini meningkat sampai 98 persen, tetapi untuk slot time memang masih banyak yang kosong. Kalau jadwal normal dalam satu hari 80 penerbangan, dengan perincian 40 kedatangan dan 40 keberangkatan, untuk saat ini masih di kisaran 12 - 16 penerbangan per hari," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta bandara adi soemarmo solo Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top