Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Purbalingga Imbau Warga Terapkan 3M

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga sudah mencapai 966 orang setelah ada penambahan 65 orang dalam beberapa hari terakhir.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 November 2020  |  16:59 WIB
Cuci tangan. Saat ini permintaan bahan baku khususnya untuk produk penunjang kesehatan seperti handsanitizer, masker, hingga alat pelindung diri atau APD meningkat pesat. Alhasil, permintaan tersebut cukup mendorong utilisasi industri hulu saat ini.  - ANTARA
Cuci tangan. Saat ini permintaan bahan baku khususnya untuk produk penunjang kesehatan seperti handsanitizer, masker, hingga alat pelindung diri atau APD meningkat pesat. Alhasil, permintaan tersebut cukup mendorong utilisasi industri hulu saat ini. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak kesehatan seiring adanya lonjakan kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono menjelaskan bahwa protokol kesehatan 3M itu wajib dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 akibat transmisi lokal.

"Mari mencegah transmisi lokal yaitu kasus infeksi Covid-19 yang terjadi antarmasyarakat dengan disiplin menerapkan 3M sebagai bagian dari protokol kesehatan," kata dia di Purbalingga, Minggu (29/11/2020).

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, kata dia, terus memperkuat pengawasan protokol kesehatan di seluruh kecamatan yang ada di wilayah ini. "Penegakkan disiplin protokol kesehatan terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan operasi tertib masker. Tidak boleh ada masyarakat yang tidak pakai masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk membatasi dan mengurangi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang dalam satu lokasi. 

"Jika kesadaran masyarakat rendah dalam penerapan protokol kesehatan maka dikhawatirkan penularan Covid-19 akibat transmisi lokal akan terus meningkat," katanya.

Dia juga kembali menyebutkan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah setempat sudah sebanyak 966 orang setelah ada penambahan 65 orang. 

"Beberapa hari lalu jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Purbalingga 901 orang namun pada hari ini meningkat sebanyak 65 orang menjadi total 966 orang," katanya.

Dia juga menjelaskan dari 966 orang yang terkonfirmasi positif, 406 di antaranya telah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, 31 orang meninggal dunia dan 529 orang lainnya masih dirawat intensif di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini.

Berdasarkan data tersebut, Pemerintah Purbalingga mengingatkan bahwa dalam beberapa waktu belakangan telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif yang cukup signifikan.

Dengan demikian pihaknya mengharuskan semua pihak yang ada di wilayah ini mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19.

Pihaknya meminta masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan tidak abai agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah setempat.

"Kami juga kembali mengingatkan bahwa pandemi belum berakhir, pandemi masih terjadi, dan masyarakat masih harus berperan aktif menerapkan protokol kesehatan, demi melindungi diri sendiri, keluarga dan juga lingkungan terdekat," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa salah satu upaya yang paling penting yang bisa dilakukan pada saat ini adalah disiplin dan kesadaran diri untuk menerapkan protokol kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purbalingga Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top