Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit Banyumas Perketat Penyaringan Pasien Bergejala Covid-19

Gejala Covid-19 bervariasi mulai dari demam, batuk, pilek, diare, dan munculnya ruam (bintil merah) di kulit, sehingga rumah sakit harus lebih berhati-hati dengan memperketat masuknya pasien.
Ilustrasi./Antara-Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi./Antara-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, PURWOKERTO - Rumah sakit di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memperketat masuknya pasien dengan melakukan tes cepat (rapid test) terutama pasien bergejala Covid-19, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Sadiyanto.

"Itu memang kebijakan rumah sakit masing-masing untuk kehati-hatian, karena saat ini banyak tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (31/12/2020).

Ia mengatakan saat sekarang, gejala Covid-19 bervariasi mulai dari demam, batuk, pilek, diare, dan munculnya ruam (bintil merah) di kulit, sehingga rumah sakit harus lebih berhati-hati dengan memperketat masuknya pasien.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan rumah sakit untuk mencegah penularan COVID-19, yakni dengan melakukan tes cepat terhadap pasien bergejala tersebut.

Kendati demikian, dia mengatakan biaya tes cepat tersebut ditanggung sendiri oleh pasien.

"Bagi yang punya BPJS Kesehatan seharusnya bisa digunakan, kalau memang itu rumah sakit rujukan," katanya.

Saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Direktur RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, Tri Kuncoro mengakui adanya pengetatan masuknya pasien sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 terhadap tenaga kesehatan di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu.

"Iya benar, khususnya pada pasien-pasien yang akan dilakukan tindakan operatif secara elektif. Sebagai contoh, untuk pasien pasien yang akan operasi elektif (terjadwal, red.), dua hari menjelang operasi harus swab (tes usap, red.) dulu, sampai hasil keluar negatif baru dilakukan operasi," katanya.

Menurut dia, bagi pasien bergejala seperti batuk dan demam akan dilakukan tes cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper