Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polda Jateng Menyiapkan Operasi Yustisi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Operasi ini terdiri dari unit kecil yang di dalamnya ada polisi, TNI dan Satpol PP.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  16:35 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan kepada wartawan. - Ist
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan kepada wartawan. - Ist

Bisnis.com, SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyiapkan operasi yustisi untuk Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tiga wilayah.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan operasi ini terdiri dari unit kecil yang di dalamnya ada polisi, TNI dan Satpol PP.

"Jadi persiapan PPKM sama, operasi yustisi dan operasi Aman Nusa. Untuk Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro jajaran kita sudah membuat renops (rencana operasi) terkait dengan operasi yustisi dengan unit-unit kecil," kata Luthfi melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Luthfi, operasi yustisi yang dimaksud adalah merupakan unit kecil lengkap beranggotakan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP. Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan itu dilakukan minimal tiga kali dalam satu hari.

"Jadi pagi bisa, siang bisa, sore bisa. Tergantung daripada kerja wilayahnya masing-masing. Itu baik di tingkat Polda, Polres, bahkan Polsek melaksanakan kegiatan ini," ujarnya.

Dia mengatakan, masing-masing Polres sudah ada satu kompi yang bersiaga terkait operasi tersebut. Satgas satu kompi itu akan bertugas mengatasi kemungkinan terjadinya kerumunan warga.

"Contohnya di pasar, di mal, atau misalnya kepada masyarakat kita yang belum sadar mengadakan kegiatan yang mempunyai fluktuatif pengumpulan massa," jelasnya.

"Dan ini di Polres-polres sudah mengadakan inisiatif, jadi tidak ada wilayah kita yang tidak tersentuh oleh Satgas yang kita punya," tambahnya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top