Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Cashback Belanja Daring di Pasar Tradisional Yogyakarta

sekarang sudah bisa dilakukan di seluruh pasar tradisional di Kota Yogyakarta.
Pasar Beringharjo.
Pasar Beringharjo.

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta melanjutkan program pemberian cashback kepada konsumen yang berbelanja secara daring di pasar tradisional, setelah dinilai memberikan dampak positif sepanjang triwulan terakhir 2020.

“Program akan tetap dilanjutkan. Bahkan sekarang sudah bisa dilakukan di seluruh pasar tradisional di Kota Yogyakarta,” kata Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Gunawan Nugroho Utomo di Yogyakarta, Kamis (21/1/2021).

Saat program kerja sama dengan salah satu penyedia jasa ojek online, Gojek, digulirkan pada Oktober 2020, program cashback dalam bentuk gratis ongkos kirim tersebut baru dapat dinikmati di 23 pasar tradisional dan saat ini sudah bisa dinikmati di 30 pasar tradisional.

Gunawan mengatakan terus melakukan koordinasi dengan penyedia jasa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen yang mengakses layanan belanja daring di pasar tradisional melalui menu Goshop.

“Misalnya terkait bentuk cashback yang akan diberikan. Apakah dalam bentuk gratis ongkos kirim atau bisa diwujudkan dalam bentuk cashback saldo uang elektronik. Layanan terus kami sempurnakan,” katanya.

Gunawan menyebut layanan Goshop belanja daring di pasar tradisional tersebut memberikan dampak yang baik kepada pedagang dan konsumen, sekaligus menjadi solusi untuk membatasi jumlah pengunjung ke pasar tradisional di masa pandemi tanpa mengurangi total nilai transaksi di pasar tradisional.

Pemberian promo berupa cahsback mampu meningkatkan order hingga 28 persen dibanding sebelum diberikan promo dan kenaikan omzet 25 persen. Total nilai perputaran uang dari program cashback mencapai Rp174 juta.

Transaksi terbesar terjadi di Pasar Kranggan, disusul Pasar Patuk, dan pembelian tertinggi terjadi pada Kamis dengan area pengantaran sekitar lima kilometer dari pasar.

Komoditas yang paling sering dibeli oleh konsumen adalah daun pisang, bumbu dapur, sembako, bunga, dan makanan tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper