Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Yakini Merampungkan Vaksinasi Lebih Cepat

Optimisme Ganjar disampaikan seusai meninjau proses vaksinasi tahap I termin kedua di Puskesmas Demak 1 dan RSUD Uin Walisongo, Demak, Selasa (26/1/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melihat Pelaksanaan Vaksinasi untuk tenaga kesehatan di RSUD Sunan Kalijaga, Demak, Selasa (26/1/2021)./Dok Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melihat Pelaksanaan Vaksinasi untuk tenaga kesehatan di RSUD Sunan Kalijaga, Demak, Selasa (26/1/2021)./Dok Pemprov Jateng

Bisnis.com, DEMAK - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimistis Jateng bisa menyelesaikan proses vaksinasi tahap I sebelum jadwal vaksinasi tahap II dimulai yakni tanggal 28 Januari mendatang.

Optimisme Ganjar disampaikan seusai meninjau proses vaksinasi tahap I termin kedua di Puskesmas Demak 1 dan RSUD Uin Walisongo, Demak, Selasa (26/1/2021). Dari kunjungan disimpulkan dalam sehari target sehari vaksinasi Puskesmas 50 nakes dan Rumah Sakit 200 Nakes bisa tercapai.

“Persiapannya bagus, peralatannya oke, pelaksanaannya oke, kita targetkan puskesmas minimum sehari 50 siap, pak kadis siap, kecil gitu. ini tadi rumah sakit kita targetkan 200 siap, dan tadi sudah 143 padahal baru jam 12. Jadi artinya mencapai 200 tidak sulit meskipun ada tertunda tidak apa-apa nanti dikejar. Jadi kalau ini bisa kita lakukan maka bagus,” kata Ganjar melalui siaran pers, Selasa (26/1/2021).

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan, kesiapan dari tenaga dan fasilitas kesehatan ini membutuhkan dukungan dari masyarakat. Sebab, kata Ganjar, hingga kini vaksin sudah disebar oleh Kementerian Kesehatan hampir ke seluruh pelosok Indonesia.

“Hampir seluruh tempat pelosok-pelosok di indonesia sudah. Apa artinya, ini kita harapkan dukungan masyarakat terus kemudian profesionalitas kita dari yang melaksanakan, sehingga bisa lebih cepat lebih tepat, dan kemudian membikin semangat baru,” kata Ganjar.

Meski begitu, Ganjar juga menitip pesan pada nakes yang telah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Sehingga dobel proteksi berjalan baik 3M maupun vaksin.

“Sehingga nanti bisa kita harapkan kalau mencapai 70 persen total herd immunity, maka kita harapkan juga masyarakat konfiden lagi untuk beraktivitas, tapi tetap harus masih dijaga protokol kesehatan sampai nanti,” tegasnya.

Disinggung soal target vaksin, Ganjar menegaskan jika pada umumnya Jateng siap untuk melaksanakan vaksinasi. Sehingga saat ini, lanjut Ganjar, pihaknya akan terus menghabiskan vaksin yang diterima dari pusat.

“Kalau target sudah ada, kan tinggal nunggu vaksinnya aja. kalau targetnya kita 24juta sekian, kita tinggal nunggu datangnya vaksin. Makanya kalau nnti vaksinnya bertahap, datang kita habisin, nah ini tenaga yang ada di puskesmas maupun rumah sakit maupun vaksinatornya siap. Jadi kita tinggal nunggu kecepatan dari pusat,” tandas Ganjar.

Sebagai informasi, Kabupaten Demak menerima 5.760 vial vaksin. Pada tahap I termin kedua yang berlangsung pada hari ini, tenaga kesehatan yang menerima vaksin sebanyak 2.844 nakes. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler