Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Perluas Cakupan Pembelajaran Tatap Muka

Jateng berencana menambah sekolah dalam uji coba PTM jilid kedua pada 26 April-7 Mei nanti. Meski demikian, belum disebutkan jumlah tambahan sekolah yang akan melakukan simulasi PTM tersebut.
Para pelajar mengikuti belajar tatap muka./Antara
Para pelajar mengikuti belajar tatap muka./Antara

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) berencana menggelar uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah jilid kedua, mulai 26 April-7 Mei mendatang. Dalam uji coba kali ini, Jateng juga berencana menambah jumlah sekolah yang melakukan simulasi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat dijumpai wartawan di kantornya, Senin (19/4/2021). Menurut Ganjar, uji coba PTM di sekolah tahap pertama yang diikuti 140 sekolah mulai 5-16 April berjalan lancar.

“Evaluasi PTM alhamdulillah sampai hari ini berjalan bagus. Belum ada temuan yang luar biasa,” kata Ganjar di kantornya.

Ganjar mengatakan dari sisi kedisiplinan siswa, uji coba PTM berjalan baik. Meski demikian, catatan justru berasal dari kalangan guru. “Kalau siswa sudah bagus, hanya kita harus perketat gurunya. Saya mohon betul bapak-ibu guru untuk memperbaiki. Jarak yang terlalu dekat kadang lupa karena kebiasan mengobrol berdekatan. Maskernya dibuka saat mengobrol, mengajar di ruang kelas maskernya juga dibuka dan lain-lain. Saya minta semua guru memperbaiki,” ujarnya.

Atas pertimbangan tersebut, Ganjar pun berencana menambah sekolah dalam uji coba PTM jilid kedua pada 26 April-7 Mei nanti. Meski demikian, ia belum menyebutkan jumlah tambahan sekolah yang akan melakukan simulasi PTM tersebut.

Pada PTM tahap pertama ada 140 sekolah yang mendapat rekomendasi Disdikbud Jateng untuk menjalani uji coba PTM. Ke-140 sekolah itu tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jateng, di mana di setiap derah terdapat 4 sekolah baik jenjang SMA, SMK, MAN, dan SMP.

“Sekarang yang kita siapkan justru ujian luring yang diinformasikan beberapa kabupaten/kota. Maka saya minta yang mau ujian luring harus menyampaikan persiapannya sesuai ketentuan dan tidak boleh jalan sebelum diizinkan. Nanti akan ada tim yang melakukan review persiapan agar aman semua,” imbuh Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler