Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Cuma Kudus, Gubernur Ganjar Minta Seluruh Pemda di Jateng Tingkatkan Testing

Dengan peningkatan testing dan tracing maka lebih mudah menemukan transmisi dari virus corona dan dapat segera dicegah sebelum menyebar lebih banyak.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo./Youtue@bnpb
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo./Youtue@bnpb

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau pada seluruh pemda di wilayahnya untuk meningkatkan testing. Hal ini, menyusul ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus. Ganjar meminta agar Pemda tidak takut dengan hasil testing.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan dengan ditingkatkannya testing dan tracing maka lebih mudah menemukan transmisi dari virus corona dan dapat segera dicegah sebelum menyebar lebih banyak.

“Kalau testingnya bisa meningkat, tracing-nya bisa meningkat, kita akan tau darimana ini berada, darimana ini berasal,” katanya Sabtu (5/6/2021).

Ganjar juga meminta agar Pemda tak perlu takut jika hasil dari peningkatan testing juga berdampak pada meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Semakin cepat dilakukan, kata Ganjar, semakin cepat pula mengetahui kondisi Covid-19 di daerah itu.

“Karena dengan makin banyak testing, makin banyak tracing. Harapannya, kami tau persis kondisi di daerah. Itu yang kami coba lakukan,” tegasnya.

Terlepas dari itu, Ganjar memohon bantuan dari masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Terutama menggunakan masker dan tidak berkerumun.

“Saya masih berharap dan meminta, memohon kepada masyarakat agar memberikan dukungan. tidak berkerumun, pakai masker. Maskerlah yang paling utama sebenarnya. Terus kemudian aware peduli, ya kalau [harus] jaga jarak,” katanya.

Terkait dengan ledakan kasus di Kudus, Ganjar juga mengaku telah memperhatikan ramainya cerita soal pemulasaraan jenazah yang disebut-sebut antre panjang akibat kurangnya tenaga.

“Terima kasih juga dari Muhammadiyah membantu, dari NU membantu, dari ormas membantu. TNI Polri membantu, sehingga timnya kita tambahi SDM,” katanya.

Ganjar juga menyampaikan terima kasih pada Pemkot Semarang yang turut membantu dengan ambulans-ambulansnya untuk Kabupaten Kudus. Ganjar berharap, hal ini jadi contoh gotong royong yang baik dalam hal penanganan Covid-19.

“Saya dengar pemkot semarang juga menyiapkan ambulans-ambulansnya sehingga jemput bola dan bisa membantu semuanya. Ini contoh yang menurut saya bagus untuk kita bisa bekerja sama,” katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper