Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RT/RW di Yogyakarta Diminta Cari Warga yang Belum Divaksin

Langkah tersebut diambil untuk mendata warga yang belum menerima vaksin Covid-19. Penyisiran tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan jangkauan program vaksinasi bagi warga luar kota, anak-anak usia 12 tahun ke atas, lansia, serta penyandang disabilitas.
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta/Antara-Hendra Nurdiyansyah
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta/Antara-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta bakal mencari warga yang belum divaksin Covid-19. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan capaian program vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta.

Kami minta mantri, pamong praja, dan lurah melalui RT/RW untuk menyisir warga yang belum divaksinasi agar segera divaksin. Saat ini dilakukan penyisiran lewat RT/RW untuk mendata warga yang belum divaksin,” jelas Heroe Poerwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta, seperti dikutip dari jogjakota.go.id pada Senin (6/9/2021).

Heroe mengungkapkan bahwa penyisiran tersebut tak hanya dilakukan bagi warga dengan KTP Kota Yogyakarta. Namun, penyisiran juga akan dilakukan untuk mendata warga luar kota, anak-anak usia 12 tahun ke atas, warga lanjut usia, serta penyandang disabilitas yang belum divaksin Covid-19.

Kami belum tahu jumlahnya berapa. Tapi saat saya ada pertemuan di wilayah, saya tanyakan mana yang belum vaksin, rata-rata mengatakan sudah divaksin semua. Semoga betul-betul sedikit yang belum vaksin. Mereka yang tinggal di kota harapan kami sudah divaksin,” jelas Heroe.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Yogyakarta, sebanyak 485.000 orang telah divaksin Covid-19. Angka tersebut telah melebihi target yang dipatok di angka 414.000 orang penerima, atau mencapai 154 persen. Capaian program vaksinasi tersebut terdiri dari 36 persen warga dengan KTP Yogyakarta serta 64 persen warga domisili Yogyakarta dengan KTP luar kota.

Untuk terus meningkatkan capaian program vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah mengerahkan mobil layanan vaksinasi. Mobil tersebut beroperasi ke kampung-kampung serta RT/RW yang kesulitan untuk mengakses lokasi vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota Yogyakarta juga mengharapkan dukungan organisasi masyarakat di wilayah tersebut untuk terus mendukung upaya percepatan program vaksinasi Covid-19. Tercatat, saat ini ada 159 organisasi masyarakat di Kota Yogyakarta.

Besarnya pengaruh serta anggota tersebut membuat Pemerintah Kota Yogyakarta memposisikan organisasi masyarakat sebagai mitra dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Dengan ketokohan pemimpin tiap-tiap ormas, imbauan untuk mengikuti vaksinasi bisa dilakukan secara efektif kepada masyarakat.

Tak hanya Pemerintah Kota Yogyakarta, percepatan program vaksinasi Covid-19 juga telah dilakukan oleh lembaga serta instansi lainnya seperti TNI-Polri, UGM, hingga Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : jogjakota.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler