Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solo Bakal Tes Siswa secara Acak untuk Deteksi Covid-19

Saat ini semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Solo baik negeri maupun swasta telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).
Vaksin Sinovac./Antara
Vaksin Sinovac./Antara

Bisnis.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah. Uji acak ini sebagai monitoring dan evaluasi (monev) atas pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Jadi random test ini sebagai monev pelaksanaan PTM yang sudah dijalankan di sekolah sejak awal September lalu,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Solo Dwi Ariyatno, Sabtu (25/9/2021).

Menurutnya, sekolah tidak perlu khawatir atas rencana tersebut karena asal mereka menjalankan pemantauan PTM dengan baik, hasilnya juga baik.

“Tak perlu khawatir. Yang penting sekolah tetap menjalankan pemantauan pelaksanaan PTM dengan baik. Misalnya tetap melakukan pemeriksaan suhu tubuh siswa saat masuk ke sekolah. Karena di situ akan ketahuan anak yang suhu tubuhnya tidak normal [panas] dan anak yang suhu tubuhnya normal,” imbuhnya.

Ia mengatakan saat ini tidak ada sekolah dengan temuan kasus Covid-19. Namun demikian ia meminta agar sekolah tidak kendor dalam menerapkan prosedur operasi standar (POS) pelaksanaan PTM sebagai upaya pencegahan persebaran Covid-19.

Sementara itu, saat ini semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Solo baik negeri maupun swasta telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

“Dari 72 SMP yang ada di Solo, 100 persen sudah mengadakan PTM meskipun masih terbatas,” ujarnya.

Sebelumnya, sekitar 150 siswa dan guru SMKN 2 Solo mengikuti uji usap deteksi Covid-19 di sekolah mereka, Rabu (22/9/2021). Uji usap tersebut dilakukan sebagai pemantauan pelaksanaan PTM.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 2, Suratna mengatakan uji swab dilakukan secara mendadak. Sehingga warga sekolah tidak melakukan persiapan-persiapan.

“Iya, sejak pagi di sekolah memang ada pemantauan PTM. Ada Pak Wawali [Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa], dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, ada polisi, tim Satgas Kota Solo, dan lain-lain.

Tiba-tiba ada tim kesehatan juga dan semua siswa serta guru diminta menjalani uji usap secara bergantian,” ujarnya saat dihubungi JIBI.

Dalam kesempatan lain, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya akan menggelar uji usap kepada peserta didik secara acak dan mendadak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemantauan PTM yang saat ini sudah mulai diselenggarakan di sekolah-sekolah.

“Nanti kami akan uji swab secara acak di sekolah-sekolah yang PTM,” ujarnya usai menutup UKM Virtual Expo (UVO) 2021, Selasa (21/9/2021) di Co Working Space Bank Jateng Cabang Koordinator Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Ludiyanto
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler