Operasi Zebra Candi 2021 Digelar di Wonogiri, Hari Ini

Saat operasi, petugas bakal membagikan leaflet yang berisi penerapan protokol kesehatan kepada para pengguna jalan.
Anggota polisi lalu lintas memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan kepada pengendara motor pada Operasi Zebra /ANTARA
Anggota polisi lalu lintas memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan kepada pengendara motor pada Operasi Zebra /ANTARA

Bisnis.com, WONOGIRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonogiri siap melaksanakan Operasi Zebra Candi 2021 dengan mengedepankan tindakan edukatif dan humanis mulai 15-28 November. Selain edukasi protokol kesehatan, fokus operasi ini adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas terutama di jalur Wonogiri-Purwantoro.

Saat ini, anggota Satlantas Polres Wonogiri telah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021. Petugas melakukan pengecekan sarana dan prasarana penunjang operasi seperti kendaraan bermotor.

“Kami mengedepankan upaya edukatif dan humanis kepada pengguna jalan. Sekarang masih masa pandemi Covid-19. Petugas bakal mengingatkan para pengguna jalan untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” kata Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, saat dihubungi JIBI, Minggu (14/11/2021).

Kasatlantas menyebut saat operasi, petugas bakal membagikan leaflet yang berisi penerapan protokol kesehatan kepada para pengguna jalan. Misalnya, memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas di luar rumah.

Hal ini bagian dari konstribusi Polri untuk menekan laju persebaran pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang. “Patroli lalu lintas dilakukan setiap hari dengan mengedukasi para pengguna jalan. Jika ada pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas diberhentikan dan ditegur secara humanis,” ujar dia.

Selain itu, fokus operasi Zebra Candi lainnya di Kota Gaplek yakni menekan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi pada 2021. Tingginya kasus kecelakaan lalu lintas mengakibatkan puluhan pengguna jalan meregang nyawa di jalan raya. Hal ini menjadi perhatian serius aparat kepolisian dalam menekan angka kecelakaan.

Jalan Wonogiri-Purwantoro menjadi salah satu jalur yang kerap menelan korban jiwa saat terjadi kecelakaan. “Sering terjadi kecelakaan di jalur Wonogiri-Purwantoro. Pelanggaran lalu lintas berpotensi menimbulkan kecelakaan. Karena itu, para pengguna jalan harus diedukasi terus menerus agar selalu mematuhi aturan lalu lintas,” papar dia.

Seorang pengendara sepeda motor asal Kecamatan Manyaran, Agung Prasetyo, mengatakan kondisi alam wilayah Wonogiri adalah pegunungan berbatu gamping. Hampir di setiap daerah terdapat jalur ekstrem yang membutuhkan kemahiran dalam mengemudikan laju kendaraan bermotor.

Misalnya, jalur dengan kontur jalan menanjak curam atau tikungan tajam. Hal ini harus dipahami para pengguna jalan saat berkendara di jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper