Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Yogyakarta Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Warga di kawasan bantaran sungai dan wilayah-wilayah yang rawan genangan air diminta waspada akan kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor.
Prakiraan cuaca daerah wisata di DI Yogyakarta. / Istimewa-BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta
Prakiraan cuaca daerah wisata di DI Yogyakarta. / Istimewa-BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Heroe Poerwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta, mengimbau masyarakat agar mengantisipasi potensi terjadinya bencana akibat tingginya curah hujan dengan intensitas tinggi. Pesan tersebut juga disampaikan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta dinas-dinas terkait di bawah Pemerintah Kota Yogyakarta.

Beberapa saat yang lalu ada kejadian hujan lebat yang mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa pengguna jalan, juga ada kejadian longsor di beberapa ruas kawasan bantaran sungai. Oleh karena itu, kepada warga dan relawan KTB (Kampung Tangguh Bencana), Tagana (Taruna Siaga Bencana), hendaknya mulai siaga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan,” jelas Heroe dikutip Kamis (25/11/2021).

Heroe mengimbau kelompok relawan di Kota Yogyakarta untuk mulai menyiapkan skenario mitigasi bencana. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan jatuhnya korban jiwa serta korban harta ketika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Bila terjadi bencana, maka prioritaskan orang tua, anak-anak, ibu hamil, dan saudara kita yang menyandang disabilitas dalam proses evakuasi maupun reaksi cepat,” jelas Heroe.

Salah seorang pengurus Tagana Kota Yogyakarta, Qomar, mengungkapkan kesiapan anggota Tagana apabila dibutuhkan dalam penanganan kebencanaan. “Bersama KTB dan relawan yang lain kami selalu bahu membahu bila terjadi bencana sesuai dengan tugas pokok masing-masing,” jelasnya seperti dikutip Bisnis dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Yogyakarta memperkirakan pada Jumat (26/11/2021) sebagian besar wilayah di DI Yogyakarta bakal diguyur hujan pada siang hingga malam hari.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang diterima Bisnis, suhu di 7 destinasi wisata di DI Yogyakarta berkisar di 20 derajat celsius hingga 30 derajat celsius. Kawasan Malioboro-Tugu Yogyakarta, Pantai Glagah-Congot, juga Pantai Depok-Parangtritis diperkirakan bakal diguyur hujan ringan pada siang hingga malam hari.

Sementara itu, di perbukitan Menoreh dan Pantai Siung-Wediombo, hujan sedang diprediksi akan terjadi pada siang hari. Hujan ringan akan berlanjut pada malam hari di dua wilayah tersebut. Di Kawasan Candi Prambanan, Merapi, dan Kaliurang, hujan petir diprediksikan akan turun pada siang hari diikuti hujan ringan pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : jogjakota.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper