Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNS Buka Kampus Baru di Jakarta, Ini Alasannya

UNS berencana membuka kampus cabang baru di Jakarta untuk program studi S-3.
Universitas Sebelas Maret (UNS)/uns.ac.id
Universitas Sebelas Maret (UNS)/uns.ac.id



Bisnis.com, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membuka kampus cabang batu di Jakarta.

Informasi tersebut disampaikan Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS beberapa waktu lalu.

“Mohon doanya UNS akan mencari kampus di Jakarta tahun 2022 mendatang,” ujar Prof. Jamal dalam keterangan yang dikirim kepada Bisnis, Selasa (7/12/2021).

Ia menerangkan, pembukaan kampus baru UNS di Jakarta dimaksudkan untuk memfasilitasi alumni UNS di ibukota yang ingin studi lanjut pada jenjang S-2 dan S-3.

Prof. Jamal menambahkan, nantinya kampus baru UNS di Jakarta juga akan terbuka bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin studi lanjut ke UNS tanpa perlu datang ke kota Surakarta.

Ada pun, UNS tidak akan main-main dalam merealisasikan rencana ini. Selain mencari lokasi yang cocok untuk pembukaan kampus baru, UNS juga menyiapkan anggaran sebesar Rp50 miliar.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan.

Ia mengatakan anggaran Rp50 miliar yang disiapkan sudah masuk dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 dan telah disetujui Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

“Rencana pembukaan kampus cabang Jakarta adalah bentuk kerja sama UNS dengan stakeholder yang ada di Jakarta, termasuk juga alumni yang ada di sana dan sekitarnya yang perlu akses pendidikan,” terang prof. Sajidan.

Prof. Sajidan menyampaikan, kampus baru di Jakarta juga akan digunakan sebagai Kantor Perwakilan UNS. Tujuannya, untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Di luar itu kami juga menawarkan suatu program kerja sama dengan PPATK yang akan segera ditandatangani, BPK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, dan juga stakeholder IKA UNS di Jakarta dan sekitarnya,” tambahnya.

Sebagai permulaan, UNS hanya akan membuka dua program studi (prodi), yaitu S-3 Ilmu Hukum dan S-3 Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Dua prodi ini disiapkan UNS sebab memiliki banyak peminat dan kesiapannya telah matang.

“Untuk lokasinya memang belum bisa saya sampaikan. Tapi, target UNS kampus baru di Jakarta akan terealisasi tahun 2022,” imbuh Prof. Sajidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper