Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omicron Masuk Indonesia, Ini Persiapan DIY Hadapi Penyebaran

Pemda DIY menyiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Guna menekan angka penularan virus Covid-19 jelang libur Natal dan tahun baru, serta penyebaran varian Omicron, Pemerintah Daerah DIY mulai melakukan antisipasi.

Adapun beberapa langkah yang akan dilakukan oleh Pemda DIY adalah mempercepat vaksinasi untuk anak dan bagi wilayah yang masih di bawah 70 persen.

Untuk diketahui, di DIY saat ini capaian vaksinasi dosis 1 telah mencapai 97,63 persen dan dosis 2 sebesar 86,98 persen.

Di samping itu, penanganan Covid-19 varian Delta pun akan diterapkan untuk mengatasi kemungkinan keberadaan Omicron di DIY.

Hal tersebut dipaparkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, usai video conference dengan Presiden Jokowi secara daring di Kepatihan, Kamis (16/12/2021) siang.

“Tracing dan testing juga harus dijalankan dengan baik," kata Sultan HB X.

Lebih jauh, Sultan juga telah meminta Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie agar menyiapkan rumah sakit dan menghitung kebutuhan oksigen.

“Jika kebutuhannya sudah besar ya harus ngambil dari tempat lain. Yang penting kami coba mempersiapkan dengan baik. Tidak hanya rumah sakit, tapi juga isoter kami siapkan,” ungkap Sultan.

Pihaknya pun mengakui jika saat ini selter isoter yang ada dalam keadaan kosong. Oleh karena itu, saat ini bed dan kebutuhan selter harus dipersiapkan. Begitu juga tenaga kesehatan baik dokter dan perawat untuk pelayanan di selter isoter.

“Di sana juga harus disediakan oksigen. Jika nanti kondisinya tidak baik baru dibawa ke rumah sakit,” jelas Sultan.

Pada kesempatan tersebut, Sultan juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya, penyebaran varian Omicron lebih cepat daripada Delta.

“Kalau misal Delta dua hari sekali, Omicron ini satu hari sekali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jumali
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper