Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Ratusan Personel Gabungan TNI-Polri Diterjunkan ke Wadas Purworejo

Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP diterjunkan ke Wadas, Purworejo untuk membantu pengamanan.
Sejumlah personel gabungan bersiaga di Wadas, Purworejo/Twitter
Sejumlah personel gabungan bersiaga di Wadas, Purworejo/Twitter

Bisnis.com, PURWOREJO - Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan telah mengerahkan sejumlah personel gabungan ke Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Selasa (8/2/2022).

Menurutnya ada sebanyak 250 petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP dikerahkan membantu pengamanan tersebut.

Alasannya mengerahkan petugas gabungan itu karena adanya permintaan pendampingan Tim BPN yang akan melakukan pengukuran lahan setelah Kepala Kanwil BPN Jateng beraudiensi dengan Kapolda Jateng pada Senin (7/2/2022).

“Kepala BPN menyatakan kepada Kapolda bahwa Proyek Pembangunan Waduk Bener tercantum dalam Perpres No 109 tahun 2020 Tentang perubahan ke 3 atas Perpres No 3 tahun 2016 tentang percepatan pembangunan proyek strategis nasional. Untuk itu Polda Jateng dan stakeholder terkait diminta membantu,” ungkapnya dikutip dari laman humas.polri, Selasa (8/2) pagi.

Adapun dasar surat pendampingan personil, lanjutnya, tertuang dalam Surat Kementerian PUPR No: UM 0401.AG.3.4./45 Tanggal 3 Februari 2022 Tentang Permohonan Pengamanan Pelaksanaan Pengukuran di Desa Wadas Kabupaten Purworejo.

“Ada juga surat dari Kementerian ATR/BPN Kab. Purworejo Prov. Jateng No : AT.02.02/344-33.06/II/2022 Tanggal 4 Februari 2022 Perihal Permohonan Personil Pengamanan Pelaksanaan Inventarisasi dan Identifikasi di Desa Wadas Kab. Purworejo Prov. Jateng,” paparnya

Meskipun demikian, ia mengklaim bahwa pendekatan keamanan yang dilakukan oleh aparat di lapangan bersifat humanis.

“Penekanan Kapolda agar pelaksanaan pendampingan harus mengedepankan aspek humanis. Dan itu kita atensi dalam pelaksanaannya,” ungkap Kabid Humas.

Terkait adanya warga yang kontra terhadap pembangunan bendungan Wadas, kata dia, Polri siap menampung aspirasinya untuk disampaikan kepada pihak terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler