Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Dukung Layanan E-Ticketing di Objek Wisata New Kemukus Sragen

Layanan e-ticketing tersebut disediakan untuk mengantisipasi kebocoran data. Di layanan tersebut, pengelolaan pendapatan objek wisata juga bisa dilakukan secara lebih akuntabel.
Istimewa - Bank Jateng
Istimewa - Bank Jateng

Bisnis.com, SEMARANG – Bank Indonesia bekerja sama dengan Bank Jateng Sragen meluncurkan aplikasi pembelian tiket secara online bagi destinasi wisata Gunung Kemukus. Melalui aplikasi tersebut, wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Playstore pada ponsel Android.

Layanan e-ticketing tersebut disediakan untuk mengantisipasi kebocoran data. Selain itu, dengan layanan tersebut, pengelolaan pendapatan objek wisata bisa dilakukan secara lebih akuntabel.

Gunawan Purbowo, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, menyebut pihaknya bakal memberikan dukungan bagi proses digitalisasi transaksi keuangan di Kabupaten Sragen.

Sekarang meluncurkan e-ticketing untuk transaksi pengunjung yang masuk ke objek wisata New Kemukus yang nantinya bisa diaplikasikan di objek wisata lainnya di Sragen. Dengan diluncurkannya e-ticketing diharapkan digitalisasi transaksi di Sragen lebih menggema di Soloraya dan nasional,” jelas Gunawan, dikutip Minggu (29/5/2022).

Aplikasi e-ticketing tersebut diluncurkan dalam momentum Festival Akselerasi Digitalisasi Kabupaten Sragen dengan mengangkat program baru Bank Indonesia, yakni Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (Adipati) di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, pada Jumat (27/5/2022) pekan lalu.

Festival ini digelar di Sragen karena sudah maju dalam penerapan digitalisasi transaksi keuangan. Seperti pengelolaan Dana Desa (DD) dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), transaksi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan Cash Management System (CMS) atau e-BOS, dan transaksi nontunai lainnya.

Yunus Anis, Yang Melaksanakan Tugas (Ymt.) Pemimpin Bank Jateng Cabang Sragen, berharap agar peluncuran layanan e-ticketing tersebut dapat meningkatkan indeks transaksional digital di Sragen. Selain itu, layanan e-ticketing juga bakal memudahkan wisatawan yang berkunjung.

Transaksi non-tunai ini sudah terintergasi dengan sistem keuangan di kas daerah karena dana yang masuk dari e-ticketing langsung masuk ke kas daerah,” jelas Yunus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Siaran Pers

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper