Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trans Semarang Tambah Armada Pengumpan Banyumanik ke Penggaron

Rute Feeder 3 melayani keberangkatan dari Pasar Banyumanik dan Terminal Penggaron, melalui berbagai perumahan di Banyumanik, Tembalang dan kawasan Sigar Bencah.
Armada feeder Trans Semarang./Antara-Trans Semarang.
Armada feeder Trans Semarang./Antara-Trans Semarang.

Bisnis.com, SEMARANG - Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang menambah delapan unit armada untuk Feeder (angkutan pengumpan) 3 yang melayani rute Pasar Banyumanik-Terminal Penggaron.

Kepala BLU UPTD Trans Semarang Hendrix Setiawan, di Semarang, Kamis (12/1/2023), mengatakan penambahan armada itu dilakukan merespons masukan masyarakat mengenai kebutuhan armada di rute tersebut.

Tentunya, kata dia, pihaknya melakukan kajian dan evaluasi atas permintaan masyarakat akan besarnya kebutuhan armada transportasi umum di jalur tersebut sebelum melakukan penambahan armada.

"Setelah melalui kajian, dan merespons masyarakat, Pemerintah Kota Semarang menambah delapan unit armada untuk rute Feeder 3 sehingga total kini ada 20 armada," kata Hendrix.

Hendrix menjelaskan rute Feeder 3 melayani keberangkatan dari Pasar Banyumanik dan Terminal Penggaron, melalui berbagai perumahan di Banyumanik, Tembalang dan kawasan Sigar Bencah.

Dengan adanya penambahan unit, ia berharap pelayanan penumpang atas kebutuhan transportasi umum bisa semakin terakomodir sehingga jumlah penumpang Trans Semarang bisa meningkat.

"Selain itu, dengan penambahan unit ini, waktu tunggu armada bisa dipangkas. Sebelumnya, jeda satu armada sekitar 15 menit, saat ini menjadi 6 sampai 10 menit," tuturnya.

Dari tarif, sebut Hendrix, masih sama seperti tahun sebelumnya yakni Rp3.500 untuk pembayaran nontunai, Rp4.000 untuk tunai, sedangkan pelajar, veteran, dan lansia sebesar Rp1.000.

Dengan tarif yang murah, serta inovasi dari segi keamanan dan kenyamanan, pihaknya berharap masyarakat bisa berpindah ke angkutan umum agar bisa mengurangi emisi gas buang.

"Rata-rata penumpang harian mencapai 35 sampai 40 ribu, saat pandemi kemarin karena ada pembatasan di angka 16 ribu penumpang," katanya.

Selain penambahan armada, lanjut Hendrix, Trans Semarang pada tahun ini juga melakukan inovasi dalam segi keamanan dan kenyamanan penumpang dengan menambah kamera CCTV dan "announcement" (pengumuman) di armada koridor 1 dan 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper