Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mis Mariani Rakib, GM KHAS Hotel Semarang yang Suka Mengejar Tantangan

Dalam bekerja, Maria selalu menekankan kerja sama yang baik dan hubungan antar tim agar selalu kompak.
Mis Mariani Rakib, General Manager KHAS Semarang Hotel. /Istimewa
Mis Mariani Rakib, General Manager KHAS Semarang Hotel. /Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Bekerja di dunia perhotelan nampaknya  sudah menjadi jalan hidup yang dipilih oleh Mis Mariani Rakib, perempuan asal Kota Makassar Sulawesi Selatan yang kini menjabat sebagai General Manager KHAS Semarang Hotel.

Ia pertama kali menaruh minat pada industri perhotelan ketika dikenalkan oleh kakaknya. Maria, begitu ia biasa disapa, merasa kehidupan di industri ini sangat dinamis, membuatnya bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

Karir Maria dimulai saat ia bekerja di Hotel Hyatt Regency Bandung pada 2003 silam. Perempuan berusia 41 tahun itu memulai dari posisi on the job training, sebelum kemudian dipromosikan sebagai daily worker.

Setelah dirasa cukup bekerja di Bandung ia memutuskan kembali ke kampung halamannya untuk menyelesaikan kuliah di Akademi Pariwisata Makassar. Ia juga sempat bekerja di Hotel Aston di Makassar, dimulai dari operator lalu ke reception dan terakhir supervisor.

Maria muda kala itu memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan merantau jauh ke barat tepatnya di Kota Medan. Ia bergabung dengan Grand Swiss-Belhotel Medan menjadi supervisor reservation hingga asisten front office manager.

Saat di Medan bukan hanya bekerja, Maria juga menempuh pendidikan dengan kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area. Kurang lebih 4 tahun lamanya Maria menimba ilmu sambil bekerja di Kota Medan.

Demi memperoleh tantangan dan tanggung jawab baru, Maria dipindahkan ke Swiss-Belhotel Palangkaraya sebagai front office manager dan naik jadi Sales and Marketing Manager.

Pada 2016, Maria memilih beristirahat selama kurang lebih tiga bulan. Setelah itu, ia kembali menapaki karir di industri ini, dengan membuka lembaran baru di Pulau Jawa.

Ia berangkat ke Yogyakarta, berlabuh di Pesonna Hotel Malioboro sebagai Room Division Manager. Setelah itu ia diangkat menjadi Operational Manager di Pesonna Hotel Tugu Yogyakarta.

Baginya berpindah-pindah hotel merupakan hal yang biasa dalam meningkatkan karir dan kemampuannya. Setelah meninggalkan Jogja pada 2019, Maria dipercaya jadi General Manager di KHAS Pekalongan Hotel. 

Maria yang tak pernah kenal lelah ini terus berkerja dalam memajukan KHAS Pekalongan Hotel agar dapat melewati badai pandemi. Beliau selalu menekankan kerja sama yang baik dan hubungan antar tim. “Komitmen manajemen hotel dan staf yang selalu saya jaga, kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bekerja sama," jelasnya.

Menurutnya, GM Hotel adalah orang yang bekerja di hotel yang memiliki tugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, dan mengatur semua operasional manajemen hotel sehari-hari. Tujuannya adalah agar dapat memastikan kinerja hotel berjalan dengan lancar.

Ia menjelaskan menjadi pemimpin yang memiliki motivasi serta semangat tentunya bukan hal yang mudah dilakukan. Semua kembali kepada niat baik kita dalam bekerja.

Untuk itu, setiap melakukan sesuatu ia selalu memberikan yang terbaik. Prinsip itu selalu ia pegang dengan niat yang teguh dan sepenuh hati menjalani pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper