H+1 Lebaran, Polisi Prediksi Ada Peningkatan Arus Lalu Lintas di Prambanan

Tren masyarakat setelah lebaran hari pertama akan berlanjut berkunjung ke tempat wisata. 
Tebing Breksi di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman DI Yogyakarta/JIBI/Bisnis-Akhirul Anwar
Tebing Breksi di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman DI Yogyakarta/JIBI/Bisnis-Akhirul Anwar

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Polisi yang bertugas di Pos Pelayanan Prambanan memprediksi akan ada peningkatan arus lalu lintas pada akhir pekan h+1 setelah lebaran 2023. 

Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Prambanan, Kaposyan AKP Sugiran mengatakan bahwa tren masyarakat setelah lebaran hari pertama akan berlanjut berkunjung ke tempat wisata. 

"Dimungkinkan besok pagi karena yang tadinya sudah berkunjung silaturahmi ke keluarga atau saudara, nah itu dimungkinkan akan berwisata dan yang jelas akan terjadi keramaian [peningkatan arus lalu lintas]," kata Sugiran kepada tim Jelajah Lebaran 2023 di Pos Prambanan, Sabtu (21/4/2023).

Alhasil, kata Sugiran, hal ini akan berpotensi terjadi laka lantas karena peningkatan arus jalan di sekitar area, mulai dari Candi Prambanan, Ratu Boko, hingga Tebing Breksi. 

Oleh karenanya, pihak Kepolisian akan berupaya untuk mengurai kemacetan di titik lokasi pariwisata yang berpotensi mengalami lonjakan volume kendaraan tersebut. 

"Otomatis karena banyak wisata di Prambanan maka baik di daerah Candi Prambanan, Ratu boko, Hijau dan kemudian ada juga yang ke Breksi. Jadi, banyaknya tempat pariwisata akan ramai, namun kita tetap upayakan kendaraan tidak boleh stuck [macet] dan jalan terus," tambahnya. 

Adapun, dia juga menambahkan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara, PT Jasa Raharja (Persero) untuk memantau arus lalu yang berisiko kecelakaan. Artinya, ketika ada laka lantas maka Perseroan akan sigap menuju lokasi. 

"Kalau dengan Jasa Raharja sudah tersinkron, jadi begitu ada laka, Jasa Raharja ini jemput bola yang langsung terkoneksi dengan Kepolisian," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper