Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit Kudus Siap Layani Caleg Gagal Pemilu

Setidaknya dengan adanya konsultasi dengan psikolog bisa membentengi mental psikologisnya, sehingga tidak mudah mengalami depresi.
Ilustrasi ruang perawatan./Bisnis-Rachman
Ilustrasi ruang perawatan./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, KUDUS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, siap melayani konsultasi psikologi para calon anggota legislatif di daerah setempat setelah Pemilu Legislatif 2024.

"Kami memiliki dokter spesialis jiwa satu orang dan dua dokter psikologi klinis serta perawat jiwa bersertifikat serta memiliki apotek klinis khusus pasien gangguan jiwa, sehingga ketika nantinya ada masyarakat yang berkeinginan melakukan konsultasi, termasuk para caleg setelah Pemilu 2024 juga siap melayani," kata Pelaksana tugas Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus Mustiko Wibowo di Kudus, Rabu (10/5/2023).

Setidaknya, kata dia, dengan adanya konsultasi dengan psikolog bisa membentengi mental psikologisnya, sehingga tidak mudah mengalami depresi.

Terkait dengan bangsal jiwa, imbuh dia, RSUD Kudus juga siap menambah kapasitasnya ketika ada lonjakan pasien. Sedangkan saat ini dari total 40 tempat tidur terisi 30 tempat tidur.

Sehingga ketika semua tempat tidurnya penuh dan masih ada penambahan pasien, maka pihak rumah sakit juga sudah siap dengan menambah kapasitas tempat perawatannya dengan memanfaatkan ruang perawatan lain yang masih kosong, seperti ruang Dahlia.

Untuk memastikan pasien mengalami gangguan jiwa, pihak rumah sakit juga akan melakukan identifikasi terlebih dahulu dan tidak langsung dimasukkan ke bangsal jiwa.

Jika gejalanya belum berat, maka ditempatkan di ruang perawatan lain. Sedangkan di ruang Cempaka 1 untuk psikosis atau mengalami kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi, seperti bicara sendiri, lama tidak tidur, dan bersikap emosional.

Disediakannya ruang rawat inap khusus dengan jumlah tempat tidur cukup banyak, disebabkan karena RSUD Kudus merupakan rumah sakit rujukan regional pelayanan kesehatan jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper