Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malioboro Run 2023, Menyusuri Sumbu Filosofi Bareng 3.500 Pelari

Tahun ini para pelari diajak menyusuri Sumbu Filosofi Jogja yang baru saja disahkan Unesco menjadi Warisan Budaya Dunia.
Sebanyak 3.500 pelari berpartisipasi dalam Malioboro Run 2023. /Foto: Istimewa
Sebanyak 3.500 pelari berpartisipasi dalam Malioboro Run 2023. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Event lari tahunan Malioboro Run kembali digelar. Seperti namanya, acara yang didukung oleh BPD DIY tersebut berpusat di Jalan Maliboro Yogyakarta. 

Tahun ini para pelari diajak menyusuri Sumbu Filosofi Jogja yang baru saja disahkan Unesco menjadi Warisan Budaya Dunia. 

Azan Subuh berkumandang. Jam masih menunjukkan pukul 3.55 WIB Minggu (29/10/2023), namun panitia Malioboro Run 2023 sudah menyisir area lintasan lari. Tiga orang berompi polos warna hijau menyala terlihat memastikan traffic cone di Jalan Jenderal Sudirman hingga Tugu Jogja terpasang dengan baik. 

Traffic cone itu difungsikan untuk penanda jalur lintas Malioboro Run. Lebarnya tidak lebih dari satu meter memakan bahu jalan. Jarak antara traffic cone satu dengan lainnya tampak simetris sekitar tiga meter. 

Di area Tugu Jogja, terdapat dua arah lintasan. Lintasan pertama menunjukkan rute dari Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Margo Utomo atau ke arah selatan Tugu. Lintasan kedua dari Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Kranggan atau ke arah barat Tugu Jogja. Dua lintasan itu menandakan adanya beberapa kelas perlombaan Malioboro Run, yaitu 21 kilometer, 10 kilometer, 5 kilometer, dan kelas anak-anak. 

Titik hulu dan muara gelaran lari ini adalah Malioboro. Tepat di depan gerbang sisi utara Gedung DPRD DIY, kemarin pagi berdiri panggung yang meriah. Dari atas panggung itu, Direktur Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyampaikan lintasan lari Malioboro Run menyusuri kawasan Sumbu Filosofi di Kota Jogja. 

Mengenakan kaus perhelatan Malioboro Run berwarna paduan biru dan oranye, celana hitam berbahan karet serta sepatu olahraga yang juga berwarna hitam, Santosa menyebut jumlah peserta lomba lari itu sebanyak 3.500 orang, sebanyak 60 persen di antaranya berasal dari luar Yogyakarta. 

Komposisi peserta Malioboro Run 2023 yang didominasi oleh pelari dari luar kota, menurut Santosa, menunjukkan event lari itu mampu menjadi magnet. “Dari animo peserta luar Jogja yang tinggi yang antusiasme mengikuti ini maka Malioboro Run punya daya menarik dan dapat mendukung perkembangan wisata di Jogja,” katanya. 

Tak hanya mendukung pariwisata, sambung Santosa, penyelenggaraan Malioboro Run ini juga untuk menunjang pengembangan kawasan Sumbu Filosofi sebagai Warisan Budaya Dunia yang diakui Unesco. 

“Event ini jadi yang pertama diselenggarakan setelah Unesco mengakui Sumbu Filosofi sebagai Warisan Budaya Dunia, kami berharap bisa turut mendukungnya dengan event ini,” katanya. 

SPORT TOURISM 

Di kelas 21 kilometer, peserta Malioboro Run terhitung hingga ratusan orang. Kelas ini mengawali event yang ditandai dengan dikibarkannya bendera di garis start atau titik mulai. para pelari 21 kilometer ini sudah berdiri dengan antusias di bawah gapura titik mulai. Kategori 21 kilometer ini dimulai lebih dulu karena jarak yang ditempuhnya paling jauh sehingga butuh waktu lebih panjang dari kategori lain.

Santoso Rohmad menjelaskan Malioboro Run akan terus dikembangkan dan terus diselenggarakan tiap tahun. “Ke depan kami berharap Malioboro Run menjadi trademark, kami akan adakan setiap tahunnya. Ke depan juga nantinya bisa dijadikan event internasional. Berbagai usulan ini akan kami pertimbangkan," katanya. 

Berbagai usaha telah dilakukan Bank BPD DIY untuk Malioboro Run tahun ini. Selain lewat promosi yang luas, hadiah yang cukup menarik, hingga pengemasan kegiatan yang semenarik mungkin. Salah satu promosi yang digencarkan Bank BPD DIY untuk Malioboro Run ini dengan menggandeng artis ibu kota, yaitu Gisella Anastasia dan Melanie Putria. 

Gisella yang merupakan jebolan Indonesia Idol dan Melanie yang merupakan Putri Indonesia ini juga turut memeriahkan Malioboro Run dengan turut lari dengan peserta lain. 

Dalam pembukaan gelaran Malioboro Run juga ditampilkan tari tradisional dan karikatur wayang seperti Arjuna hingga Gatotkaca yang turut menemani peserta dalam melintasi pacuan lari. 

Hadiah dari Malioboro Run 2023 mencapai total Rp104,75 juta dengan rincian 21K juara I pria dan wanita mendapatkan Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta, juara III mendapatkan Rp 5 juta. Untuk kategori 10K juara I pria dan wanita mendapatkan Rp7,5 juta. Untuk juara II Rp5 juta dan juara III mendapatkan Rp2,5 juta. 

Selain itu ada kategori 5K, untuk juara I pria dan wanita mendapatkan hadiah Rp 5 juta, juara II Rp2,5 juta dan juara III mendapatkan Rp1,5 juta. Kategori Kid Dash untuk juara I pria dan wanita mendapatkan Rp1 juta, juara II Rp750.000 dan juara III mendapatkan Rp500.000. 

Salah satu peserta Malioboro Run Anum Saputri, yang berasal dari Semarang, mengaku lebih tertarik dengan panorama Sumbu Filosofi. Dan nostalgianya terhadap lokasi-lokasi di sudut-sudut Jogja itu. “Kalau saya yang memang tidak profesional, lari ini hanya olahraga biar sehat dan bugar saja maka ikut Malioboro Run ini buat hiburan dan olahraga saja,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper