Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Pelayanan, Pelindo Multi Terminal Luncurkan PTOS-M di Tanjung Emas

Pelindo meluncurkan sistem Pelindo Terminal Operation System - Multipurpose (PTOS-M) di Tanjung Emas, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023).
Pelabuhan Tanjung Emas./Ist-Pelindo
Pelabuhan Tanjung Emas./Ist-Pelindo

Bisnis.com, MEDAN - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu subholding PT Pelindo, melakukan Go-Live sistem PTOS-M (Pelindo Terminal Operation System - Multipurpose) di SPMT Branch Tanjung Emas, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023). 

Go-Live PTOS-M di SPMT Branch Tanjung Emas ini merupakan wujud implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam transformasi dan standardisasi operasi pelabuhan.

Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas, Hardianto mengatakan, beralihnya SPMT ke sistem PTOS-M adalah upaya SPMT untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa di Branch Tanjung Emas.

"Ini sekaligus merupakan bagian dari program Transformasi & Standarisasi di Pelindo group," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/12/2023). 

Hardianto mengatakan pascamerger Pelindo, transformasi dan standarisasi pelabuhan adalah langkah yang dipilih Pelindo untuk mewujudkan visinya memimpin maritim Indonesia.

"Go Live Sistem PTOS-M yang dilakukan Branch Tanjung Emas ini merupakan salah satu perwujudannya," kata Hardianto. 

Sementara itu, SVP Pengelolaan Operasi SPMT Zevy Wandono Diargo menuturkan, Branch Tanjung Emas menjadi terminal ke-25 yang melakukan transformasi dan standarisasi operasi di lingkungan SPMT.

Ia mengatakan, transformasi dan standarisasi pelabuhan ini difokuskan untuk meningkatkan performa operasional. Termasuk menurunkan waktu tunggu di pelabuhan yang nantinya akan berdampak pada penurunan biaya logistik di Indonesia

"Transformasi ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengoptimalkan pelabuhan yang dikelola SPMT," kata Zevy.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menambahkan, peningkatan layanan operasional ini juga ditandai dengan angka kinerja operasional PT Pelindo Multi Terminal yang tumbuh positif sampai dengan bulan November 2023.

"Tercatat hingga November tahun 2023, kinerja PT Pelindo Multi Terminal mengalami tren positif dengan tumbuhnya angka bongkar muat di pelabuhan yang kami kelola," ujar Fiona.

Fiona mengatakan, dengan transformasi dan peningkatan pelayanan yang terus dilakukan, SPMT berharap tren positif kinerja perusahaan akan terus berlanjut dan mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2023.

Transformasi SPMT Branch Tanjung Emas, dikatakan Fiona merupakan bagian dari upaya Pelindo Multi Terminal untuk terus menghadirkan layanan operasional yang lebih baik. 

Sebelum transformasi di Branch Tanjung Emas, SPMT juga telah melakukan transformasi di Branch Jamrud Nilam Mirah, Branch Bagendang, Branch Tanjung Wangi, Branch Makassar, Branch Belawan, dan Branch Gresik. 

Selanjutnya, transformasi operasional juha akan dilakukan SPMT di seluruh terminal yang dikelolanya."Kami berharap hal itu akan menciptakan standarisasi layanan operasional non-petikemas dalam mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT yaitu Indonesia’s Connectivity Champion," pungkasnya. (K68) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper