MUDIK LEBARAN: Polri Tinjau Proyek Tol Semarang - Batang

Oleh: Alif Nazzala Rizqi 23 April 2018 | 18:38 WIB
MUDIK LEBARAN: Polri Tinjau Proyek Tol Semarang - Batang
Kepala Kepolisian Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa Saat Meninjau Tol Krapyak Semarang/Bisnis - Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - Polri kembali meninjau proyek jalan tol Semarang - Batang untuk kesiapan mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Kepolisian Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan libur mudik Lebaran nanti jalan tol masih berstatus fungsional, Polri bersama Jasamarga akan memastikan ada empat rest area atau tempat peristirahatan bagi para pemudik yang kelelahan.

"Nanti setiap 10 kilometer, kami akan usahakan ada rest area di Tol fungsional Semarang - Batang ini. Ya minimal ada empat nanti," katanya saat memantau langsung di exit tol krapyak, Senin (23/4/2018).

Dikatakan Royke, saat musim mudik nanti mengalami kemacetan panjang, pihaknya akan membuka dua jalur di Kaliwungu dan Weleri, Kendal pada jalur Tol Semarang - Batang tersebut.

Royke menilai bahwa pengerjaan proyek Tol Semarang - Batang sudah mencapai angka 76%. Menurutnya, proyel tol ini mengalami deviasi pembangunannya tidak mengalami minus karena sesuai dengan target jadwal, yakni bisa fungsional saat musim lebaran 2018.

Lebih lanjut Royke menuturkan beberapa titik yang perlu diwaspadai saat mudik yakni, Cipali, Purwakarta dan Gandulan, Pemalang yang akan mengalami kepadatan saat arus mudik.

"Tak hanya itu, Gringsing, Batang dan Krapyak, Semarang juga termasuk yang akan mengalami kepadatan. Ini beberapa exit tol yang diperkirakan bakal mengalami kemacetan," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia beberapa jalan arteri juga yang diperkirakan mengalami kepadataan saat libur lebaran. Seperti rute Magelang - Yogya, Denpasar - Gilimanuk Bali, Nagreg - Tasikmalaya, dan Karangsawah Brebes - Purwokerto.

"Kalo di Brebes - Purwokerto itu ada perbaikan flyover sehingga bakal mengalami antrian panjang kendaraan. Ruas jalan pun di sana terbatas. Saya kira, beberapa daerah tersebut menjadi konsentrasi kami untuk mengawal musim mudik 2018," katanya.

Keterangan Foto : Kepala Kepolisian Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa Saat Meninjau Tol Krapyak Semarang

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya