Tol Semarang-Batang Bisa Dilalui H-7 Lebaran

Oleh: Alif Nazzala Rizqi 29 Mei 2018 | 13:12 WIB
Tol Semarang-Batang Bisa Dilalui H-7 Lebaran
Kendaraan melintasi salah satu ruas Jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/3/2018)./ANTARA-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARANG -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menegaskan jalan tol Semarang-Batang siap dilalui pemudik pada H-7 Lebaran. Namun, pengoperasian tol baru dibuka satu lajur dari Kabupaten Batang menuju Semarang.

Pimpinan Proyek Tol Semarang-Batang Jasa Marga Muhammad Farid mengatakan tol Semarang - Batang akan dibuka secara fungsional pada H-7 Lebaran untuk menampung para pemudik dari arah barat yang menuju ke Semarang.

"Secara fisik, pembangunan tol sudah siap untuk arus mudik maupun balik. Beberapa hari ini kami sudah bisa menyambungkan jalan, khususnya untuk ruas dari barat. Untuk Lebaran nanti, saya yakin tidak ada masalah," tuturnya, Selasa (29/5/2018).

Adapun pembangunan tol Semarang-Batang terbagi menjadi lima seksi. Panjang jalan pada Seksi I mencapai 3,2 kilometer (km), Seksi II 36,5 km, Seksi III 11,05 km, Seksi IV 13,5 km, dan Seksi V 10,1 km.

Terkait kendala pembebasan lahan makam dan masjid, Farid menjelaskan masyarakat menginginkan pemindahan makam dilakukan setelah Lebaran. Sementara itu, untuk masjid, pihak takmir meminta dilakukan setelah pembangunan masjid yang baru sudah mencapai 70%.

"Masyarakat sudah bersedia melepas dan tidak ada masalah. Jadi, polemik mengenai pembebasan lahan dan pembangunan masjid dapat teratasi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Rukma Setyabudi mengaku telah melakukan tinjauan mengenai kesiapan jalan tol Semarang-Batang.

Dia meminta sebelum H-7 semua jalur yang dibuka untuk arus mudik dan arus balik sudah selesai dan bersih. Demikian juga dengan pembebasan makam dan masjid. 

"Secara keseluruhan, proyek ini tidak ada masalah. Saya akan meninjau lagi proyek ini nanti untuk melihat perkembangan lebih lanjut," ujarnya.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya