Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara A. Yani Diprediksi Naik 8%

Oleh: Yustinus Andri DP 31 Mei 2018 | 19:03 WIB
Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara A. Yani Diprediksi Naik 8%
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini M Soemarmo usai acara topping off (penutupan atap) terminal Bandara Ahmad Yani Semarang pada Februari 2018./Bisnis-Alif

Bisnis.com, SEMARANG – Jumlah penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2018 yang terjadi di Bandara Ahmad Yani, Semarang, diprediksi naik 8% dibandingkan dengan tahun lalu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi mulai H-3 hingga H+3 Lebaran. Menurutnya, pada masa puncak arus mudik tersebut, jumlah penumpang yang menggunakan Bandara Ahmad Yani mencapai 18.000 orang per hari.

“Tahun ini kami lebih siap menampung penumpang yang lebih banyak, terutama setelah digunakannya terminal apung yang baru,” ujarnya pada Kamis (31/5/2018).

Dia menuturkan pada tahun lalu ketika masih menggunakan terminal lama, pada masa puncak arus mudik Lebaran, pengguna bandara mencapai 16.700 orang per hari.

Adapun, untuk masa puncak arus mudik Lebaran tahun ini, Angkasa Pura I memperkirakan ada tambahan 18 jadwal penerbangan atau extra flight. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi makin membludaknya jumlah penumpang setelah mengetahui bertambahnya kapasitas terminal Bandara Ahmad Yani.

Seperti diketahui, penerbangan perdana dari terminal apung tersebut dijadwalkan akan mulai dilakukan pada 6 Juni 2018. "Sebelum penerbangan perdana, pada tanggal 5 kita akan adakan boyongan dari terminal lama."

Dia pun mengakui bahwa selama arus mudik Idulfitri tahun ini, pengoperasian terminal baru tersebut belum maksimal. Namun, dia menjamin para penumpang akan tetap mendapat pelayanan yang maksimal terutama saat arus mudik Lebaran.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer