Panen Raya Ikan Bendungan Kramat Batang Empat Bulan Mendatang

Oleh: Newswire 13 September 2018 | 12:42 WIB
Panen Raya Ikan Bendungan Kramat Batang Empat Bulan Mendatang
Ilustrasi

Bisnis.com, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah menebar 825 ribu bibit ikan air tawar di bendungan Sungai Kramat, Kamis.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Kamis (13/9/2018), mengatakan bahwa penebaran ratusan ribu benih ikan air tawar sebagai upaya menjaga kelestarian dan potensi budi daya ikan di daerah setempat.

"Penebaran bibit atau benih ikan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup di daerah. Tentunya, kami mendukung dan berterima kasih atas bantuan benih ikan dari Gubernur Jateng," katanya.

Pada tahun ini, pemkab akan mendapatkan bantuan bibit ikan dari Pemprov Jateng 1,7 juta ikan dan selanjutnya akan ditebarkan di sejumlah aliran sungai di 15 kecamatan setempat.

"Saat ini, kami baru menebar 825 ribu bibit ikan dan nantinya akan ditindaklanjuti penebarannya di setiap perairan umum yang tersebar di wilayah 15 kecamatan," katanya.

Dia mengatakan ratusan ribu ikan yang sudah ditebar ke bendungan aliran Sungai Kramat tersebut dapat dipanen oleh warga sekitar empat sampai enam bulan ke depan.

"Oleh karena itu, kami berpesan pada warga agar bibit ikan air tawar yang sudah ditebar di sungai itu tidak diambil dengan cara diracun atau yang merusak habitat di sungai itu tetapi menggunakan dengan jala atau dipancing," katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Arif Rahman Hakim mengatakan bantuan benih ikan tidak hanya diberikan pada Pemkab Batang, tetapi juga ke kabupaten lainnya.

"Kami mengalokasikan bantuan 50 juta benih ikan 50 juta yang sudah diberikan pada hampir seluruh wilayah kabupaten, termasuk Kabupaten Batang yang mendapat 1,7 juta bibit ikan," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya