Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timbangan Digital Diberikan ke 950 Pedagang Tradisional Kota Yogyakarta

Sebanyak 950 pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta memperoleh bantuan timbangan digital secara gratis dari pemerintahan pusat sebagai penghargaan setelah Yogyakarta ditetapkan sebagai Daerah Tertib Ukur 2016.
Tera ulang timbangan./Antara
Tera ulang timbangan./Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA—Sebanyak 950 pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta memperoleh bantuan timbangan digital secara gratis dari pemerintahan pusat sebagai penghargaan setelah Yogyakarta ditetapkan sebagai Daerah Tertib Ukur 2016.

"Timbangan akan didistribusikan dalam dua tahap. Pada tahap awal ini diberikan ke 500 pedagang dan selanjutnya dibagikan ke 450 pedagang," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Maryution Tonang di Yogyakarta, Senin (5/3/2018).

Menurut dia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta melakukan seleksi untuk menentukan pedagang yang berhak memperoleh bantuan timbangan digital karena total jumlah pedagang di 30 pasar tradisional di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 15.000 orang.

Pedagang yang memperoleh bantuan adalah pedagang yang menggunakan timbangan dalam setiap kegiatan transaksi dan hanya diberikan kepada pedagang yang menjadi warga Kota Yogyakarta serta pedagang sudah harus melunasi retribusi pelayanan pasar.

"Timbangan digital yang diberikan memiliki kapasitas 15 kilogram (kg). Harapannya, pedagang menggunakan timbangan dengan baik sehingga seluruh barang yang diperjualbelikan dapat ditimbang dengan ukuran yang tepat. Menjadi pedagang yang jujur," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional II Yogyakarta Rumaksono mengatakan tujuan pemberian bantuan timbangan digital adalah memberikan perlindungan kepada konsumen.

"Pedagang harus menggunakan alat ukur legal yang sudah ditera ulang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper