Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD Semarang 2018 Terserap 94,56%

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan jika 94,56% APBD sudah terserap secara maksimal.

Bisnis.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan jika 94,56% APBD sudah terserap secara maksimal.

Adapun, APBD Kota Semarang pada 2018 mencapai Rp4,8 triliun. Sedangkan tahun 2019 APBD Kota Semarang naik menjadi Rp5,1 triliun.

"APBD kita tahun lalu sudah terserap secara maksimal. Buktinya serapan APBD capai 94,56% naik jika dibandingkan 2017 yang terserap 92%," kata Hendi Selasa (15/1/2019).

Dikatakan Hendi, APBD yang terserap digunakan untuk membangun infrastruktur. Pasalnya, infrastruktur menjadi salah satu fokus Pemkot Semarang dalam pembangunan selama 2018. 

Dia memaparkan, meskipun pembangunan sedang gencar di Kota Semarang, namun pihaknya juga mencatat beberapa kekurangan. Hendi mencontohkan, seperti pengerjaan yang terkesan terburu-buru dan beberapa lelang proyek yang diundur selama 2018. 

"Beberapa catatan mengenai pembangunan selama 2018 sedang kami perbaiki. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut menjaga serta merawat fasilitas umum yang sudah dibangun sebelumnya," ujarnya. 

Sementara itu lanjut Hendi pada 2019 pihaknya fokus untuk melanjutkan beberapa pembangunan yang akan dikerjakan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) Jatibarang yang ditarget selesai ada April mendatang.

Selain itu, tahun ini Pemkot Semarang juga sedang dalam pemantapan proyek Light Rail Transit (LRT). Hendi berharap, agar pemantapan proyek ini LRT segera selesai dengan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

"Untuk LRT sekarang sedang dalam tahap pemantapan. Proyek ini akan menggunakan skema KPBU, Pemkot Semarang akan bekerjasama dengan badan usaha. Semoga ini cepat selesai sehingga bisa langsung lelang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper