Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Jateng Jadi Percontohan Nasional

Kemajuan Baznas Jawa Tengah dinilai sangat pesat dan menjadi percontohan nasional.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan paparan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan paparan

Bisnis.com, SEMARANG - Kiprah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah diakui oleh berbagai pihak. Ketua Baznas Republik Indonesia, Prof, Bambang Sudibyo bahkan menyebut kemajuan Baznas Jawa Tengah sangat pesat dan menjadi percontohan nasional.

"Kinerja Baznas Jawa Tengah sangat bagus, bisa menjadi contoh kepada Baznas Provinsi lain di Indonesia. Semua itu karena adanya dukungan penuh dari Gubernur Ganjar Pranowo," kata Bambang Jumat (25/1/2019).

Dukungan penuh dari Ganjar lanjut Bambang sangat luar biasa. Sehingga setiap tahun, penerimaan zakat di Jateng terus meningkat.

"Hal itu tentu saja dapat semakin membuat Baznas semakin berdaya dan optimal dalam program pengentasan kemiskinan," terangnya.

Atas hal itu, pada Maret nanti Baznas akan menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Solo.

Acara yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu juga akan menghadirkan Ganjar Pranowo sebagai pembicara dan akan dihadiri seluruh Gubernur di Indonesia.

"Saya harap pak Ganjar dapat hadir dan mempresentasikan kebangkitan zakat di Jawa Tengah. Saya berharap ini nanti akan dapat menginspirasi daerah lain untuk memaksimalkan potensi zakat di daerah masing-masing sebagai upaya pengentasan kemiskinan di indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, dukungan penuh terhadap Baznas di Jateng bukan tanpa alasan.

Menurutnya, zakat merupakan sumber keuangan yang dapat menyelesaikan berbagai persoalan di Jawa Tengah.

"Semua persoalan banyak yang dapat diselesaikan dengan Baznas ini. Untuk pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, bantuan modal dan sebagainya. Kalau hanya mengandalkan APBD saja tidak mungkin," ucapnya.

Sejak digulirkan, pendapatan dari Baznas di Jawa Tengah lanjut Ganjar memang terus meningkat.

Dan dari situ, dirinya sendiri sudah banyak merasakan manfaat dari Baznas untuk mendukung program pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah.

"Ada keinginan kami untuk terus menekan angka kemiskinan serendah mungkin, dan Baznas dapat berperan di sana. Sudah saya rasakan sendiri manfaatnya, ini potensi besar yang terus akan kami garap," tegasnya.

Ganjar optimis, pendapatan zakat di Jateng akan terus meningkat. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar untuk membayarkan zakatnya dengan baik. "Apalagi, penduduk Jateng mayoritas muslim, sehingga potensi ini kalau dikelola dengan baik maka akan luar biasa," katanya.

Sepeeti diketahui, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terus mendorong optimalisasi Baznas di Jawa Tengah. Bahkan, dirinya menggerakkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng untuk giat membayar zakat dari gaji yang diterima. Gerakan itu juga ditularkan Ganjar ke 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Saat awal-awal digulirkan, program zakat bagi ASN di lingkungan Pemprov Jateng ini hanya mampu menghasilkan Rp600 juta perbulan. Namun saat ini, perbulan lebih dari Rp2,5 miliar zakat terkumpul dari ASN di lingkungan Pemprov Jateng tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper