Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Ganjar Sumbang Setiap Desa Percontohan Rp5 Miliar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan menyumbang Rp5 miliar desa yang bisa menjadi percontohan untuk desa lain di Jawa Tengah. Baik itu dari pemanfaatan teknologi informasi, potensi masyarakat, keamanan, pembangunan, kesehatan, pengelolaan sampah, wisata, hingga budayanya.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo /Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo /Istimewa

Bisnis.com, DEMAK - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan menyumbang Rp5 miliar desa yang bisa menjadi percontohan untuk desa lain di Jawa Tengah. Baik itu dari pemanfaatan teknologi informasi, potensi masyarakat, keamanan, pembangunan, kesehatan, pengelolaan sampah, wisata, hingga budayanya.

"Silakan bikin desa percontohan. Satu desa saya sumbang Rp5 miliar. Misinya, kita akan membuat project desa percontohan. Kalau berhasil, kita kloning, jadi percontohan desa-desa lain di Jawa Tengah," kata Ganjar melalui keterangan resminya Kamis (28/2/2019)

Ganjar menjelaskan, untuk memanfaatkan teknologi maupun mendesain lanskap pembangunan, membuat monografi, profil desa, pemerintah desa bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi. 

Ganjar pun akan mencarikan perguruan tinggi yang bisa diajak kerjasama. Misalnya kerja sama dengan program mahasiswa KKN untuk mengangkat seluruh potensi masyarakat agar desa bisa lebih menarik.

"Pada 2019 ini, kami akan fokus menggenjot SDM. Sementara, RTLH di Jateng masih ada 1,6 jutaan. Kalau gubernur disuruh memperbaiki rumah paling satu dua saja. Makanya, melalui CSR perusahaan dan Baznas, kita bisa selesaikan itu," ujar Ganjar.

Terkait keamanan, Ganjar meminta agar ronda dihidupkan lagi. Pada musim hujan ini, warga diminta hati-hati dan waspada DBD, disiapkan satu rumah satu jumantik serta mengurangi sampah. Terutama sampah plastik.

Pembangunan gedung di desa juga diharapkan Ganjar, ramah terhadap penyandang disabilitas. Bahkan, sekolah pun harus menjadi sekolah inklusi dan membangun bersama secara guyub dan rukun antarmasyarakat.

Ganjar menambahkan untuk mengatasi abrasi di pesisir Demak, tahun 2019, pembangunan tol laut sebagai jawaban atas masalah transportasi dan abrasi, akan dilakukan pemasangan tiang pancang. 

"Jadilah kepala desa dan perangkat desa yang ikhlas, dicintai rakyatnya, maju, gajinya tambah hutangnya terbayar," tambah Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper