Temuan Ribuan Lembar C1 Tak Hentikan Rekapitulasi di Jateng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah tegaskan temuan ribuan lembar C1 di Menteng Jakarta Pusat tidak menganggu proses rekapitulasi yang sedang berlangsung.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  17:30 WIB
Temuan Ribuan Lembar C1 Tak Hentikan Rekapitulasi di Jateng
M. Taufik menunjukkan lembaran C1, Minggu (5/5/2019). - Bisnis/Feni

Bisnis.com, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah tegaskan temuan ribuan lembar C1 di Menteng Jakarta Pusat tidak menganggu proses rekapitulasi yang sedang berlangsung.

Komisioner KPU Jateng, Paulus Widiyantoro mengatakan, lembar C1 saat ini masih aman pada ditingkat kabupaten/kota.

"Nah kalau itu temuan dari saksi atau apa, kan bisa dikroscek juga kebenarannya, terkait angkanya, lalu kalau mau ditarik mundur kan nanti ada di Planonya, itu kan bukti mahkota ada di C1 Plano," kata Paulus, Selasa (7/5/2019).

Kendati demikian, pihaknya saat ini juga terus memantau perkembangan penyelidikan terhadap temuan ribuan C1 tersebut. Dia mengklaim, KPU Jateng siap jika diminta ikut mengkroscek keaslian C1 yang ditemukan di Menteng, Jakpus itu.

"Tapi sebenarnya, tanpa langsung melalui KPU pun Bawaslu juga bisa, karena ada C1 yang sudah di upload [hasil scan] ke situng KPU," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia Bawaslu Jakarta Pusat yang menangani kejadian ini juga dapat langsung berkoordinasi dengan Bawaslu Jateng. Sebab, Bawaslu ditingkat daerah juga memiliki C1.

"Teman-teman Panwas di TPS juga mendapat C1 dan itu juga kan disetor sampai ke Bawaslu Jateng, sehingga krosceknya tanpa melalui KPU sebenarnya bisa," tuturnya.

"Tapi prinsipnya kalau KPU diminta untuk melakukan kroscek, kita juga siap. kita sudah menginstruksikan ke teman-teman untuk bersiap manakala dibutuhkan untuk kroscek," tambahnya.

Terlepas dari kejadian ini, Paulus meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan resah. Serahkan prosesnya kepada Bawaslu yang tengah menangani kasus tersebut.

"Tidak perlu resah, jaminan bahwa C1 yang ada di KPU masih aman dan itu C1 yang berada di tangan KPPS, dan dipegang Panwas serta saksi, itu di plenokan secara berjenjang, artinya ada pengaduan data di semua jenjang rekapitulasi. Sehingga dipastikan C1 yang diakui adalah yang digunakan pleno rekap disemua tingkatan," katanya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top