Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Rumah Mewah di Semarang Tunjukkan Tren Positif

Penjualan rumah tipe menengah ke atas di Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai menunjukkan tren positif.
Property Expo Semarang ke V di mall Ciputra Semarang/Alif
Property Expo Semarang ke V di mall Ciputra Semarang/Alif

Bisnis.com, SEMARANG - Penjualan rumah tipe menengah ke atas di Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai menunjukkan tren positif. 

Terbukti, dari dua kali Pameran Property Expo Semarang ke empat dan ke lima di tahun 2019 mencatatkan nilai penjualan yang menggembirakan. 

Selama pameran perumahan ke empat tercatat terjual 19 unit rumah dengan nilai mencapai Rp27 miliar dan pameran ke lima terjual 23 unit rumah dengan nilai Rp30 miliar. 

Ketua Panitia Property Expo Semarang, Dibya K Hidayat mengatakan, menyambut baik capaian penjualan rumah selama pameran tersebut. Adapun rumah yang terjual didominasi rumah dengan kisaran harga Rp1 miliar. 

"Kita masih menunggu lagi laporan dari dua pengembang, pameran ke lima sangat menggembirakan terjual 23 unit rumah dengan nilai mencapai Rp30 miliar," kata Dibya, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan, capaian tersebut menunjukkan pergeseran segmen pembelian rumah.

Padahal menurutnya rumah menengah kebawah seharusnya juga tumbuh karena rumah tersebut merupakan kebutuhan. Berbeda dengan rumah menengah atas yang dibeli sebagai kepemilikan ke dua.

"Kita akan lihat lagi apa yang terjadi. Ke depan semoga penjualan rumah berbagai tipe di Semarang bisa terus tumbuh positif," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD REI Jawa Tengah, MR Prijanto mengemukakan, capaian penjualan rumah dalam pameran di Semarang menjadi pendorong DPP REI untuk melakukan hal yang serupa. Saat ini di pusat juga tengah gencar melakukan pameran-pameran perumahan. 

"Pameran di Semarang menjadi penggerak DPP REI, rata-rata hanya satu tahun sekali, namun dengan tahu di DPD REI Jateng sampai 10 kali, jadi sekarang di DPP juga ikut meramaikan pameran," jelasnya. 

Pihaknya juga puas dengan capaian penjualan rumah selama pameran. Disebutnya, tahun 2016 penjualan rumah di Jateng lewat Pameran Property Expo Semarang mencapai Rp423 miliar, 2017 Rp388 miliar dan 2018 Rp234 miliar.

"Di tahun 2018 memang nilainya turun, namun ini tidak hanya di Jateng, semua pemasaran di nasional juga turun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper