Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Rakyat, Puluhan Galon Isi Ulang Berbaris di Alun-Alun Wonogiri

Gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 resmi digelar pada Jumat-Minggu (23-25/8/2019). Ribuan masyarakat tumpah ruah di alun-alun Wonogiri, tempat diselenggarakannya acara dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah itu.
Barisan puluhan galon isi ulang yang berjajar di pinggir-pinggir lapangan, berisi air minum untuk pengunjung/Instagram @humas.jateng
Barisan puluhan galon isi ulang yang berjajar di pinggir-pinggir lapangan, berisi air minum untuk pengunjung/Instagram @humas.jateng

Bisnis.com, WONOGIRI—Gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 resmi digelar pada Jumat-Minggu (23-25/8/2019). Ribuan masyarakat tumpah ruah di alun-alun Wonogiri, tempat diselenggarakannya acara dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah itu.

Masyarakat dan tamu undangan pun sudah memadati lokasi tersebut sejak pagi hari. Dari anak muda hingga dewasa, mereka turut memeriahkan acara tersebut. Namun, ada yang unik dalam perayaan itu.

Barisan puluhan galon isi ulang yang berjajar di pinggir-pinggir lapangan cukup menarik perhatian publik.
Ternyata, galon isi ulang tersebut sengaja disiapkan untuk minum masyarakat. Sebab selama perhelatan berlangsung, tidak ada air minum dalam botol plastik yang disediakan panitia.

"Saya tadi juga heran, kok ada galon air banyak sekali. Saat saya buka bungkus jajanan yang dikasih panitia, ternyata di dalamnya tidak ada air minumnya. Saya baru sadar kalau minumnya ya mengambil sendiri di galon itu," kata Samiyem (53), salah satu pengunjung.

Samiyem mengatakan, selama ini ketika ada acara-acara, selalu menggunakan air mineral dalam kemasan plastik. Untuk itu, ketika menghadiri Pesta Rakyat, ia terkejut karena tidak ada air mineral.

Hal senada disampaikan Dinaya (15), pelajar asal Wonogiri. Ia mengatakan sudah lama mengetahui tentang gerakan pengurangan sampah plastik yang dikampanyekan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Saya lihat di instagram dan twitternya Pak Ganjar, jadi tahu kalau Pak Ganjar selalu kampanye pengurangan sampah plastik. Ini saya saja selalu bawa gembes," ujarnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memang konsen terhadap pengurangan sampah plastik. Langkah kongkret yang ia lakukan adalah mewajibkan seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Jateng untuk membawa gembes atau tumbler.

Selain itu, selalu tersedia galon isi ulang di seluruh lokasi, seperti rumah dinas, ruang kerja dan lingkungan kantor Pemprov Jateng.

"Saya senang melihat ada galon isi ulang berjajar di alun-alun ini. Silahkan masyarakat memanfaatkan galon isi ulang itu untuk minum. Mari kita kurangi plastik," kata Ganjar saat memberikan sambutan pembukaan Pesta Rakyat itu.

Gerakan pengurangan sampah plastik ini lanjut dia juga harus terus dikampanyekan. Di sekolah-sekolah dan sejumlah tempat lain, ia berharap disediakan galon isi ulang agar dapat dimanfaakan untuk minum.

"Ayo kemana-mana bawa gembes, tumbler itu lho. Mari kurangi penggunaan plastik, agar nanti kita tidak direpotkan oleh sampah," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler