Pelindo II Sambut 1.000 Delegasi APA Sports Meet

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II atau Pelindo II membuka acara Asean Port Association (APA) Sports Meet ke-13 pada Selasa (17/9/2019) di Yogyakarta.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 18 September 2019  |  12:00 WIB
Pelindo II Sambut 1.000 Delegasi APA Sports Meet
Direktur Keuangan Pelindo II Widyaka Nusapati (kiri) dan Chairman APA Muhammad Razif bin Ahmad (kedua kiri) membuka acara Asean Port Association (APA) Sports Meet ke-13 pada Selasa (17/9 - 2019) di Yogyakarta.

Bisnis.com, YOGYAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II atau Pelindo II membuka acara Asean Port Association (APA) Sports Meet ke-13 pada Selasa (17/9/2019) di Yogyakarta.

Ajang APA Sports Meet merupakan kompetisi olah raga untuk memperkuat solidaritas pelaku bisnis pelabuhan se-Asean.Acara ini dihadiri oleh sekitar 1.000 atlet dan kontingen, dari 9 negara di Asia Tenggara yang tergabung di dalam APA.

Anggota APA terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei Darusalam, dan Myanmar. Bertindak sebagai penyelenggara APA Sports Meet ke-13 adalah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, bersama dengan Pelindo I, III, dan IV.

Sebelumnya atlet gabungan dari Pelindo I—IV menjuarai APA Sports Meet 2016 di Vietnam. Tahun ini sebagai tuan rumah, Indonesia siap memertahankan gelar dari ajang 3 tahunan tersebut.

Direktur Keuangan Pelindo II Widyaka Nusapati menyampaikan, APA Sports Meet merupakan bukti adanya sinergi dan kolaborasi yang baik antara pelaku bisnis usaha pelabuhan di negara-negara Asean.

“Kami merasa senang keluarga besar PT Pelindo I—IV dapat berkumpul dan menjadi tuan rumah. Acara ini juga merupakan kerja sama antar pelaku usaha pelabuhan se-Asean,” tuturnya, Selasa malam (17/9/2019).

Acara pembukaan diawali dengan tari tradisional dan berbagai pertunjukan budaya Indonesia. Sebanyak 1.000 delegasi dari masing-masing negara melakukan defile atau parade upacara.

Ada juga prosesi penyalaan obor oleh legenda olah raga Indonesia, Yayuk Basuki, sekaligus membuka APA Sports Meet ke-13. Acara ini berlangsung pada 17—21 September 2019.

Dalam tiga hari mendatang, para atlet akan memperebutkan 42 medali emas dari 7 cabang olah raga. Sejumlah cabang yang dipertandingkan ialag futsal, tenis meja, bulu tangkis, tenis, mini marathon, golf, dan bowling.

Widyaka menambahkan, penyelenggaraan APA Sports Meet ke-13 juga sebagai ajang promosi pariwisata Yogyakarta. Pemilihan Kota Gudeg sebagai lokasi acara selain karena fasilitas olah raga yang memadai, tetapi juga karena memiliki sejumlah daerah wisata yang menarik.

Chairman APA Muhammad Razif bin Ahmad dalam sambutannya menuturkan, pihaknya berterima kasih atas upaya Indonesia selaku tuan rumah. Apalagi kompetisi ini dilaksanakan di dua kota yang sangat indah, yaitu Yogyakarta dan Semarang.

“Terima kasih kepada tuan rumah. APA Sports Meet ke-13 ini memecahkan rekor peserta terbanyak lebih dari 1.000 orang,” tuturnya.

Razif berharap ajang ini dapat mengeratkan hubungan para anggota APA, sekaligus menggambarkan spirit persatuan dari negara-negara anggota Asean. Selain berkompetisi, para peserta juga dapat menikmati pariwisata Indonesia.

Dia menyebutkan, jika ingin membawa oleh-oleh khas lokal, belilah batik seperti batik parang. Jangan lupa ke Candi Borobudur, sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia.

“Yang ketiga, cobalah nasi padang, enak sekali. Belum ke Indonesia kalau belum makan nasi padang,” imbuhnya, yang disambut sorakan dari para tamu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo ii, olahraga

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top