Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Jawa Tengah menandatangani kerja sama dengan BPS Jateng untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.
Rakorda 2020 di Hotel Best Western Kabupaten Sukoharjo/Istimewa
Rakorda 2020 di Hotel Best Western Kabupaten Sukoharjo/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Jawa Tengah menandatangani kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) mendatang.

OPD yang meneken kerja sama pada Rapat Koordinasi Daerah Persiapan SP2020 di Sukoharjo adalah Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jateng.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono mengungkapkan, komitmen bersama ini penting mengingat metode yang digunakan dalam SP2020 besok berbeda daripada sensus penduduk periode sebelumnya, yakni dengan metode kombinasi dan sistem sensus online.

"Ini sebagai konsolidasi antara BPS Jateng dengan pemerintah daerah terkait perubahan implementasi dan tantangan dalam pelaksanaan sensus nanti," kata Sentot melalui siaran persnya Senin (9/12/2019).

Dia mengungkapkan, tolok ukur kesuksesan SP2020 besok berada di dua titik, yaitu pada saat sensus penduduk online (SPO) dan ketika sensus penduduk wawancara (SPW). SPO akan dilakukan mulai pertengahan Februari hingga akhir Maret 2020. Sementara SPW dilaksanakan pasca itu.

"Pada saat SPO, saya berpesan supaya jangan hanya berfokus pada upaya mendorong sebanyak mungkin partisipasi masyarakat, tetapi juga harus memikirkan strategi untuk menjaga kualitas isian SPO," tegas Sentot.

Sehingga, katanya, tahapan sosialisasi menjadi kunci kesuksesan SPO. "Saya harap saudara mulai memetakan, segmentasi mana yang memiliki potensi untuk merespon dengan baik," tambahnya.

Di samping itu Sentot menegaskan, perubahan metodologi SP2020 ini akan berdampak pada seluruh aspek, baik aspek teknis maupun non teknis. Maka dari itu diperlukan koordinasi dan kolaborasi dalam proses persiapan, pencatatan lapangan, sekaligus menentukan mitigasi yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler