Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selepas Umbul Ponggok Diterjang Puting Beliung

Puting beliung yang terjadi di Umbul Ponggok, Jumat (3/1/2020) pukul 16.00 WIB mengakibatkan kerugian material.
Ponco Suseno
Ponco Suseno - Bisnis.com 05 Januari 2020  |  10:31 WIB
Perbaikan Umbul Ponggok, Sabtu (4/1 - 2020).
Perbaikan Umbul Ponggok, Sabtu (4/1 - 2020).

Bisnis.com, KLATEN - Puting beliung yang terjadi di Umbul Ponggok, Jumat (3/1/2020) pukul 16.00 WIB mengakibatkan kerugian material lebih dari Rp500 juta. Sehari pascaputing beliung, Umbul Ponggok ditutup karena masih berlangsung pembersihan puing reruntuhan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JIBI, puting beliung mampu memporak-porandakan kompleks Umbul Ponggok, bangunan joglo yang menjadi lokasi pertemuan warga, dan merusak sejumlah rumah warga. Tak ada korban jiwa selama puting beliung berlangsung. Kerugian material ditaksir senilai Rp1 miliar.

Khusus di Umbul Ponggok, puting beliung yang melintas sekitar 3 menit-5 menit. Hal itu sempat disaksikan petugas keamanan di umbul, Guteng, 41. Puting beliung itu mampu merusak baliho berukuran besar, kanopi di bagian utara, fasilitas rest area di kompleks umbul, dan beberapa fasilitas lainnya.

Sejumlah sukarelawan, polisi/prajurit TNI, dan elemen masyarakat di Ponggok dan sekitarnya langsung membersihkan puing reruntuhan di kompleks umbul. Pembersihan dilanjutkan, Sabtu (4/1/2020).

"Puting beliung awalnya dari barat ke timur. Banyak fasilitas umbul yang rusak. Total kerusakan di atas Rp500 juta. Itu di umbul saja. Kalau ditambah kerusakan di tempat lain [fasilitas RT dan rumah warga], kerugiannya mencapai Rp1 miliar," kata Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, saat ditemui wartawan di desanya, Sabtu.

Junaedi Mulyono mengatakan sehari pascaditerjang puting beliung, Umbul Ponggok ditutup sementara waktu. Umbul Ponggok segera diperbaiki agar dapat dibuka untuk umum, Minggu (5/1/2020).

"Sebelum diterjang puting beliung itu, kami sebenarnya sudah menyiapkan konsep ecotourism di kompleks umbul. Gagasannya, food court akan dijadikan satu, akan dilengkapi vertical garden, tiket dibikin digital untuk mencegah kebocoran. Intinya di umbul akan dijadikan wisata air, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata ilmu. Semua jadi satu. Semoga konsep itu terealisasi akhir tahun ini," katanya.

Junaedi Mulyono mengatakan potensi kerugian akibat Umbul Ponggok ditutup sehari pascaputing beliung senilai Rp20 juta. Pengunjung di Umbul Ponggok di hari biasa rata-rata sebanyak 500 orang. Di hari Sabtu dan Minggi dapat mencapai 1.000-2.000 orang. Tiket masuk ke umbul senilai Rp15.000.

"Besok [hari ini], umbul sudah bisa dibuka untuk umum," katanya.

Porak-porandanya Umbul Ponggok mampu menarik perhatian artis kondang di Tanah Air, Irfan Hakim. Presenter kocak yang sering nongol di stasiun televisi itu mengaku sering ke Umbul Ponggok beesama anggota keluarganya.

"Saya kaget juga Umbul Ponggok seperti ini. Parah banget. Padahal, saya baru dari sini tanggal 2 Januari 2020. Umbul ini di tempat favoritku, bisa berenang di mata air [memiliki spot selfie di bawah air]. Semoga, umbul ini segeta pulih. Saya pun akan tetap ke sini ke depannya," kata Irfan Hakim.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

klaten

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top