Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisatawan ke Semarang Lampaui Target

Kunjungan wisatawan ke Kota Semarang sepanjang 2019 telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Semarang.
Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah/ANTARA-R. Rekotomo
Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah/ANTARA-R. Rekotomo

Bisnis.com, SEMARANG - Kunjungan wisatawan ke Kota Semarang sepanjang 2019 telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Semarang. 

Adapun, dari catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, jumlah kunjungan wisatawan pada 2019 mencapai hampir 8 juta orang, lebih tinggi dari target Pemkot sebanyak 5,7 juta orang.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, Indriyasari mengatakan, tercapainya target kunjungan wisatawan tersebut membuat dinas terkait semakin giat menggalakkan program-program yang akan dijalankan pada 2020.

“Dari target 5,7 juta wisatawan sesuai RPJMD 2019 dan ditambah instruksi Wali Kota Semarang yang minta ditingkatkan menjadi 7,2 juta wisatawan, di tahun 2020 kami mentargetkan angka kunjungan wisatawan di angka 6,2 juta,” katanya, Rabu (8/1/2020).

Dijelaskan, target 6,2 juta wisatawan memang lebih rendah dari capaian 2019 tersebut, namun hal itu lebih tinggi dari RPJMD 2019. 

Dia mengatakan, untuk tahun 2020 ini pihaknya akan melakukan berbagai perbaikan dan peningkatan kualitas wisata di Kota Semarang.

Pihaknya ingin meningkatkan kualitasnya, mulai dari destinasinya, event-eventnya, kulinernya, termasuk bagaimana membuat para wisatawan bisa membelanjakan uangnya sepenuhnya di Kota Semarang.

"Tapi ini bukan berarti kita mengabaikan kuantitas kunjungannya, karena kita akan menjaga juga jumlah wisatawan yang datang berkunjung,” jelasnya.

Dia menambahkan, di sepanjang tahun 2020 Kota Semarang akan menggelar 74 event dengan dua di antaranya merupakan event bertaraf nasional.

Kedua event tersebut adalah Festival Cheng Ho pada September dan Festival Kota Lama pada Agustus. Ke dua event tersebut juga masuk ke dalam Calender of Event 2020 Jateng bersama dengan 8 event nasional lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper