Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Pulihkan Listrik 100 Persen Pascarobohnya Tower di Rembang

PLN telah berhasil memulihkan aliran listrik yang sempat terganggu akibat kejadian tower transmisi yang roboh di Rembang, Jawa Tengah.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 28 Februari 2020  |  18:05 WIB
Teknisi PLN sedang melakukan perbaikan tower No. 67 Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Rembang-Pati dan Rembang- PLTU Rembang roboh. - Istimewa / PLN
Teknisi PLN sedang melakukan perbaikan tower No. 67 Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Rembang-Pati dan Rembang- PLTU Rembang roboh. - Istimewa / PLN

Bisnis.com, SEMARANG - PLN telah berhasil memulihkan aliran listrik yang sempat terganggu akibat kejadian tower transmisi yang roboh di Rembang, Jawa Tengah.

Senior Manager General Affairs PLN Distribusi Jateng & DIY, Elly Oktaviani Ciptati mengatakan saat ini layanan listrik PLN sudah dapat dinikmati secara normal, apabila terdapat wilayah yang listriknya padam, dipastikan karena gangguan yang sifatnya lokal.

“Aliran listrik telah pulih seluruhnya pada Kamis 27 Februari 2020 pukul 17.00 WIB dengan manuver jaringan, jika ada wilayah yang padam, hal tersebut disebabkan gangguan yang bersifat lokal,” kata Elly dalam siaran pers yang diterima Bisnis Jumat (28/2/2020).

Sebelumnya tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) milik PLN roboh Pada Selasa, (25/2) sekitar pukul 23.26 WIB. Tower No. 67 SUTT 150 kV Rembang-Pati dan Rembang-PLTU Rembang ini mengalami gangguan karena perubahan struktur tanah yang disebabkan oleh cuaca ekstrim.

Gangguan ini mengakibatkan listrik di sebagian besar wilayah Kabupaten Rembang, Blora, dan Pati mengalami padam.

Upaya penormalan ini tidak lepas dari perjuangan tim PLN yang bekerja 24 jam. Total jam kerja yang dihabiskan untuk upaya pemulihan ini sekitar 40 Jam dengan melibatkan 100 orang personil. Dari sisi transmisi, sampai dengan saat ini, PLN masih berusaha membangun tower transmisi sementara yang lokasinya di dekat tower yang roboh.

Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, PLN akan melakukan investigasi lebih mendalam dengan melibatkan akademisi untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab tower roboh.

“Kepada pelanggan yang terdampak padam, kami sampaikan saat ini aliran listrik sudah kembali normal 100 persen. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kejadian ini,” katanya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top