Virus Corona Tidak Kurangi Antusiasme Peserta Donor Darah

Acara donor darah di Hotel Horison Nindya Semarang tetap berlangsung dengan lancar di tengah terpaan isu penyebaran virus Corona (Covid-19) di berbagai wilayah.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  21:13 WIB
Virus Corona Tidak Kurangi Antusiasme Peserta Donor Darah
Acara donor darah yang diselenggarakan oleh Hotel Horison Nindya Semarang, Senin (16/3/2020). - Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Hotel Horison Nindya Semarang menggelar acara rutin donor darah pada Senin, 16 Maret 2020.

Acara donor darah di Hotel Horison Nindya Semarang tetap berlangsung dengan lancar di tengah terpaan isu penyebaran virus Corona (Covid-19) di berbagai wilayah.

Dalam acara bertema We Care Blood Donation tersebut, Hotel Horison Nindya yang bekerja sama dengan PMI Kota Semarang berhasil mengumpulkan 37 kantong darah.

Dr Akbar, anggota tim medis dari PMI Kota Semarang, menekankan bahwa para pendonor harus berada dalam kondisi prima sebelum mendonorkan darahnya. Oleh karena itu, sebelum memulai aktivitas tersebut, seluruh calon pendonor selalu diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

“Darah yang aman merupakan darah yang berasal dari donor risiko rendah, yang salah satunya bisa didapat dari donor darah sukarela. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat darah juga dapat menjadi media penularan penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (16/3/2020).

Terkait dengan virus Corona, Akbar mengatakan bahwa virus tersebut menular melalui cairan tubuh saat batuk dan bersin. Sejauh ini belum ditemukan penularan virus Corona melalui darah pasien yang positif. Jadi, ada kemungkinan orang yang sudah menerima transfusi tidak tertular virus Corona.

General Manager Hotel Horison Nindya Semarang Catharina Vemy menambahkan bahwa para pendonor darah yang berpartisipasi terdiri atas para karyawan hotel dan para tamu hotel. Acara berlangsung lancar dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada 13.00 WIB.

“Meskipun santer adanya virus Corona, antusiasme para karyawan dan tamu hotel masih tinggi untuk mendonorkan darah,” katanya.

Sementara itu, Marcomm Manager Hotel Horison Nindya Semarang Ukieto Tsugie mengatakan bahwa acara donor darah akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan setiap 3 bulan sekali. Hal itu menjadi kegiatan rutin hotel dalam mewujudkan kepedulian kepada sesama.

Sebagai bentuk apresiasi, manajemen Hotel Horison Nindya Semarang memberikan giveaway berupa room voucher complimentary untuk satu peserta. Hadiah diberikan kepada pendonor yang mengunggah kegiatan tersebut di laman Instagram masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hotel semarang

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top