Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Hotel di Semarang Turun 20 Persen, Imbas Virus Corona

Bisnis perhotelan di Kota Semarang ikut terkena dampak penyebaran Virus Corona, yang sudah masuk ke Indonesia. Okupansi sejumlah hotel di Ibu Kota Jawa Tengah ini pun mengalami penurunan cukup signifikan.

Bisnis.com, SEMARANG - Bisnis perhotelan di Kota Semarang ikut terkena dampak penyebaran Virus Corona, yang sudah masuk ke Indonesia. Okupansi sejumlah hotel di Ibu Kota Jawa Tengah ini pun mengalami penurunan cukup signifikan.

Vincentia Litha, Sales Executive Citra Dream Hotel Semarang,  mengatakan okupansi hotel tempatnya bekerja telah mengalami penurunan akibat merebaknya virus tersebut.

"Sangat berpengaruh, okupansi kami mengalami penurunan sampai 20%. Padahal jika dilihat dari data tahun lalu, dibulan yang sama okupansi hotel diangka 70%. Saat ini okupansi hanya di angka 50%,” katanya, Kamis (12/3/2020).

Dia mengatakan, imbas virus tersebut mulai sangat terasa pada minggu terakhir pada Februari lalu. Padahal Januari hingga pekan ketiga Februari belum ada dampak signifikan.

“Beberapa biro travel pun ada yang membatalkan pesanan, padahal mayoritas tamu kami 50% berasal dari biro travel,” ucapnya.

Shela Tiara, Public Relations Hotel Ciputra Semarang, mengemukakan virus tersebut juga membuat event yang sudah direncanakan terpaksa ditunda. Keputusan dilakukan dengan alasan peningkatan kewaspadaan dan meminimalisir resiko terkena virus tersebut.

"Ada beberapa institusi yang memilih menunda pelaksanaan acaranya di Semarang," jelasnya.

Penurunan okupansi dialami pula di Hotel Ciputra Semarang, yang biasanya menjadi jujukan kalangan ekspatriat untuk menginap.

“Misalnya tamu dari Cina dan Jepang, saat ini sangat berkurang, belum lagi dari negara lainnya. Jumlah tamu ekspatriat sebesar 10% sampai 15% dari total okupansi,” katanya.

Untuk mengantisipasi virus tersebut, pihak hotel selalu memberikan himbauan kepada para tamu yang menginap jika merasakan tidak enak badan untuk menghubungi pihak hotel.

Hotel Ciputra memberikan layanan dokter on call selama 24 jam, sehingga tamu yang sakit bias terlayani dan tertangani dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper