Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM di Jateng Turun 20 Persen, Konsumsi LPG Stabil

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) selama April di Jawa Tengah turun hingga 20 persen, jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian BBM selama Maret 2020.
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen./Istimewa - Pertamina
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen./Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, SEMARANG - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) selama April di Jawa Tengah turun hingga 20 persen, jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian BBM selama Maret 2020.

Hal ini disampaikan oleh Pjs. General Manager Pertamina MOR IV, Teuku Johan Miftah, dalam keterangan persnya Rabu (22/4/2020).

Menurutnya, saat ini konsumsi BBM di SPBU wilayah Jawa Tengah turun dengan rata-rata penurunan per produk antara 10%-20% sehingga stok BBM di Fuel Terminal sangat cukup memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Pertamina MOR IV jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2020.

"Konsumsi BBM jenis gasoline (pertalite dan pertamax series) turun 12% dari rata-rata harian di bulan Maret sekitar 10.100 Kiloliter saat ini menjadi 8.900 KL per hari. Sementara itu untuk gasoil (biosolar dan dex series) juga turun sebanyak 16% dari 5.645 KL menjadi 4.700 KL," ujar Johan.

Dia menambahkan untuk stok produk gasoline dan gasoil di fuel terminal Pertamina saat ini memiliki ketahanan stok hingga 9-15 hari kedepan.

Sementara itu, untuk produk LPG penyaluran harian tetap berada di angka 4.080 Metric Ton per hari. "Dapat dikatakan untuk LPG penyalurannya stabil di wilayah Jawa Tengah, namun kami tetap mengantisipasi dengan penyediaan stok LPG di Fuel Terminal," ujarnya.

Dia menambahkan, Pertamina menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini bersamaan dengan Satgas Covid-19 untuk menjaga keberlangsungan penyaluran BBM dan LPG di wilayah MOR IV.

"Para pelanggan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 untuk mendapatkan informasi maupun memesan produk BBM & LPG melalui Pertamina Delivery Service. Satgas Rafico (Ramadhan Idul Fitri dan Covid) Pertamina akan selalu siaga memenuhi kebutuhan BBM & LPG masyarakat," tambah Johan.

Pertamina melalui Marketing Operation Region IV akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran virus covid-19 dan mengoptimalkan penyaluran BBM serta LPG di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) senantiasa akan memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional.

Meskipun ada penerapan larangan mudik oleh pemerintah jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV tetap menjaga dan mengoptimalkan stok serta penyaluran BBM & LPG khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper