Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menjelang KA Luar Biasa Beroperasi, Ini Persiapan Jateng

Ganjar meminta PT KAI harus ketat dalam persoalan syarat masyarakat boleh menggunakan transportasi itu.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau kesiapan Stasiun Tawang Semarang./Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau kesiapan Stasiun Tawang Semarang./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa, Selasa (12/5/2020) dan bakal singgah di Stasiun Tawang di Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan sidak ke stasiun tersebut, Senin (11/5/2020), guna memastikan kesiapan stasiun tersebut.

Sidak membuat sejumlah petugas yang sedang berjaga terkejut. Meski begitu, Ganjar nampak tenang menyusuri sejumlah lokasi yang ada di stasiun itu.

Kondisi stasiun nampak lengang karena sepi penumpang. Memang sejak wabah covid-19 melanda, banyak perjalanan moda transportasi umum yang dibatasi bahkan ditiadakan.

Lokasi yang pertama ditengok Ganjar adalah pintu masuk ke area peron. Di tempat itu, ia melihat sudah ada petugas jaga lengkap dengan thermal gun dan handsanitizer untuk kesiapan.

Ganjar juga sempat masuk ke peron dan melihat ada kereta yang parkir di dalam. "Itu keretanya tidak jalan ya, hanya parkir kan?" tanya Ganjar.

Tak beberapa lama, Kepala Stasiun Tawang, Prasetyo datang menghampiri Ganjar. Ia menerangkan perjalanan kereta api baru masuk ke stasiun Tawang pada Selasa (12/5/2020) besok.

"Besok kereta pertama dari Surabaya Turi menuju Jakarta tiba di sini pukul 10.00 WIB. Sementara kereta kedua dari Jakarta menuju Surabaya berhenti di sini pukul 14.00 WIB," terang Prasetyo.

Prasetyo juga mengajak Ganjar menengok posko covid-19 yang telah disiapkan. Nantinya di posko itu, semua penumpang yang naik atau turun akan menjalani pemeriksaan.

"Jadi karena angkutan ini hanya untuk orang-orang khusus, maka syaratnya juga khusus. Akan kami cek di sini sebelum mereka bisa beli tiket atau bisa melanjutkan perjalanan," terangnya.

Pihaknya lanjut Prasetyo juga mengatakan sudah melakukan simulasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semua kekuatan sudah disiapkan untuk melaksanakan program itu.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan dirinya sengaja mengecek kesiapan Stasiun Tawang karena menurut daftar memang masuk stasiun yang akan dilewati kereta. Dari hasil pengecekan, semuanya sudah disiapkan dengan baik oleh PT KAI.

"Sehingga mulai besok sudah ada KA lewat, dari Surabaya dan dari Jakarta. Saya senang karena sudah disiapkan, sudah ada poskonya dan saya harap nanti checkingnya betul-betul dilaksanakan dengan baik," katanya.

Ganjar juga mendengar laporan bahwa meskipun dibuka, pelayanan KA hanya untuk mengangkut orang-orang khusus. Artinya, masyarakat bukan berarti boleh bepergian dengan dibukanya moda transportasi umum itu.

"Ada persyaratannya, mereka sudah rapid test dan kekhususan lainnya. Ini yang harus dipahami masyarakat, tidak semua boleh bepergian," tegasnya.

Ganjar berharap pembukaan jalur KA luar biasa pada esok harus berjalan lancar. PT KAI harus ketat dalam persoalan syarat masyarakat boleh menggunakan transportasi itu. Di antara persyaratannya adalah dalam rangka apa bepergian, siapa yang mengutus, kepentingan kekhususannya apa, syarat kesehatan sudah terpenuhi atau belum, KTP dan surat lainnya sampai syarat teknis seperti physical distancing dan menggunakan masker.

"Saya minta di Semarang ini aturannya benar-benar dilaksanakan ketat. Kalau tidak lengkap, harus pulang," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper