Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Hendak Kembali ke Yogyakarta, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Gedung universitas bisa untuk isolasi mandiri bila mahasiswanya kembali datang ke Yogyakarta.
Mahasiswa yang hendak ke Yogyakarta harus dinyatakan sehat. Foto ilustrasi rapid test./Antara-Darwin Fatir.
Mahasiswa yang hendak ke Yogyakarta harus dinyatakan sehat. Foto ilustrasi rapid test./Antara-Darwin Fatir.

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Menyambut kedatangan mahasiswa yang kembali ke Daerah Istimewa Yoyakarta, diperlukan protokol kesehatan yang tegas untuk menghindari penyebaran kasus Covid-19.

Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Triyono Hari Kuncoro mengatakan sektor pendidikan menjadi sektor yang krusial dalam penerapan normal baru. Salah satu yang menjadi sorotan Triyono adalah teknis kedatangan mahasiswa ke Yogyakarta.
Menurutnya dalam persiapan tersebut membutuhkan protokol yang ketat agar tidak menimbulkan klaster baru.

Triyono menyebutkan bukti hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) atau hasil Swab menjadi salah satu protokol kesehatan yang kudu ditetapkan terutama bagi mahasiswa yang datang dari luar DIY.

"Fasilitasi pemeriksaan bagi yang belum membawa [hasil RDT atau Swab] tentu membutuhkan persiapan yang tidak sebentar serta peralatan yang memadai," ujarnya.

Oleh karenanya menurut Triyono pemerintah dan pihak kampus harus mengantisipasi segala risiko yang akan terjadi.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi tak memungkiri sebagian mahasiswa sudah kembali ke Yogyakarta untuk menyelesaikan urusan perkuliahan.

Ia menegaskan bahwa mahasiswa yang datang dari luar kota mengikuti prosedur sebagaimana pelaku perjalanan yakni membawa surat keterangan sehat hasil RDT atau pun Swab.

"Kita menerapkan mahasiswa seperti orang yang datang dari luar kota, jadi mereka harus kita monitor, kalau ada surat sehat dari daerah asal, surat Rapid Test atau Swab itu harus kita minta," tegasnya.

Heroe mengatakan meski telah mengantongi surat sehat, sesampainya di Yogyakarta mahasiswa dari luar tetap harus memeriksakan diri di Puskesmas. "Dari sana nanti mereka kami minta untuk isolasi," ujarnya.

Ditambahkan Heroe bila sebelumnya tidak ada mekanisme membawa surat sehat dari daerah asal, sekarang diberlakukan bagi mahasiswa yang kembali ke Yogyakarta untuk membawa surat sehat, surat hasil RDT, atau PCR.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi mengatakan pihaknya bersama Heroe telah melakukan rapat dengan para rektor perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Salah satu poin yang diusulkan adalah mengatur jadwal perkuliahan yang tidak serentak antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya.

Jumlah mahasiswa di Jogja setidaknya ada sekitar 200.000 mahasiswa, jumlah tersebut kurang lebih separuh dari jumlah warga Yogyakarta.

Menurut Hari, bila perkuliahannya dilakukan serentak pihaknya mengaku kesulitan untuk melakukan isolasi mandiri. Hari berharap gedung universitas bisa disediakan untuk isolasi mandiri bila mahasiswanya kembali datang ke Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Catur Dwi Janati
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper