Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Gandeng UMKM Salurkan Bright Gas

Di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, program Pinky Movement dilaksanakan oleh Pertamina Marketing Operation Region IV
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  19:44 WIB
PT Pertamina (Persero) menginisiasi program Pinky Movement yang merupakan modifikasi dari program kemitraan BUMN dengan menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. (Foto: Istimewa)
PT Pertamina (Persero) menginisiasi program Pinky Movement yang merupakan modifikasi dari program kemitraan BUMN dengan menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG — Dalam rangka mengoptimalkan penyaluran LPG nonsubsidi kepada masyarakat mampu, PT Pertamina (Persero) menginisiasi program Pinky Movement yang merupakan modifikasi dari program kemitraan BUMN dengan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyalurkan LPG nonsubsidi Bright Gas.

Di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, program Pinky Movement dilaksanakan oleh Pertamina Marketing Operation Region IV dengan tahapan awal sebanyak 31 pelaku UMKM di wilayah Boyolali. Nilai penyaluran program tersebut tercatat sebesar Rp2,455 miliar.

Pjs. General Manager Pertamina MOR IV Rahman Pramono Wibowo mengatakan bahwa program kemitraan tersebut bertujuan membantu meningkatkan perekonomian pelaku UMKM melalui sinergi dengan Pertamina untuk menyalurkan LPG nonsubsidi.

“Para pelaku UMKM ini adalah mereka yang kesehariannya tidak lepas dari penggunaan bahan bakar LPG baik itu penjual atau pangkalan LPG ataupun usaha-usaha seperti kuliner yang menggunakan LPG sebagai bahan bakarnya,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (29/6/2020).

Selain itu, Rahman menambahkan bahwa tujuan lain dari program ini adalah mengedukasi pelaku UMKM dan masyarakat agar penyaluran LPG menjadi tepat sasaran. Selama ini masih banyak para pelaku usaha maupun masyarakat yang belum paham terkait perbedaan dan peruntukan LPG subsidi dan nonsubsidi.

“LPG 3 kg tabung hijau yang merupakan program subsidi pemerintah masih sering kita jumpai digunakan oleh masyarakat mampu. Sehingga Melalui program Pinky Movement kami sekaligus mengedukasi terkait hal tersebut agar penyaluran LPG tepat sasaran,” tambahnya.

Pertamina MOR IV menargetkan penyaluran program kemitraan pada tahun 2020 sebesar Rp18 miliar. Pada tahun 2019 Pertamina MOR IV berhasil menyalurkan program kemitraan sebanyak Rp31 miliar dengan jumlah 500 mitra binaan UMKM yang tersebar di wilayah Jateng DIY.

Menurut Rahman, program tersebut juga sekaligus menjawab amanat dari Kementerian BUMN yang meminta seluruh perusahaan pelat merah untuk mengoptimalkan penyaluran program kemitraan guna membantu para pelaku UMKM agar bangkit kembali.

Muhammad Fahrudin selaku salah satu pengaju program kemitraan program Pinky Movement di wilayah Boyolali, yang merupakan pelaku UMKM di bidang peternakan ayam, mengungkapkan bahwa usaha yang ditekuninya merasakan manfaat dari program tersebut.

“Program Kemitraan dari Pertamina ini sangat membantu UMKM untuk dapat terus menjalankan usahanya dengan biaya pinjaman murah, terutama saat ini ketika semua sektor usaha terdampak pandemi,” katanya. 

Sebagai BUMN, Pertamina senantiasa terus menjalankan program-program yang mendukung kemandirian ekonomi salah satunya program kemitraan ini. Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau bagi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dapat menghubungi kantor Pertamina Marketing Operation Region IV divisi Communication & CSR pada nomor telepon (024) 3545341 ext. 5853/5854.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Bright Gas
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top