Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Operasi Patuh Candi 2020 Digelar, Tak Taat Protokol Kesehatan Dijaring

Kepolisian bakal menggandeng Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Solo untuk kembali mengingatkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.
Ichsan Kholif Rahman
Ichsan Kholif Rahman - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  22:19 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, SOLO - Satlantas Polresta Solo akan memulai Operasi Patuh Candi 2020 mulai Kamis (23/7/2020) hingga Rabu (5/8/2020) mendatang.

Kepolisian bakal menggandeng Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Solo untuk kembali mengingatkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Afrian Satya Permadi kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) Selasa (21/7/2020) mengatakan dalam operasi di tengah pandemi ini kepolisian dalam penindakan menggunakan sistem hunting atau penindakan kasat mata.

Ia menyebut razia di jalan seperti dengan memasang plang bukan menjadi prioritas. Hal itu dikarenakan dapat terjadi pengumpulan jumlah kendaraan yang terlalu banyak.

"Kami lihat situasi dan kondisi, diutamakan tidak razia di jalan. Lebih diutamakan razia bergerak, sembari mengatur lalu lintas dan memantau. Program ini hanya 20 persen penindakan, lainnya upaya preventif," imbuh Kasatlantas Polresta Solo mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai.

Ia menambahkan upaya preventif berupa teguran lisan. Lalu, sosialisasi ke sekolah-sekolah menggunakan sistem daring juga sudah digelar.

"Beberapa sekolah sudah kami sosialisasi lewat aplikasi Zoom. Sudah kami mulai gelar sejak pekan lalu, Sekolah Menengah Atas (SMA) kan pembelajaran melalui online, jadi kami masuk dan menyosialisasikan agar tertib berlalu lintas," imbuh dia.

Ia menambahkan tema operasi Patuh Candi kali ini yakni penggunaan helm, melawan arus, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Ia menambahkan kepolisian turut menggandeng Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Solo dalam penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat. Ia menyebut bakal menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP.

Ia menambahkan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 akan fokus seperti warga yang tidak memakai masker. Ia menyebut apabila ada warga yang tidak menggunakan masker, petugas akan memberi imbauan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di era adaptasi baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solo jateng polisi

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top