Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rembang dan Wonogiri Masuk Ekstrem Hari Tanpa Hujan

Secara umum wilayah Jawa Tengah terjadi 6-10 hari punya hari tanpa hujan dengan kriteria pendek.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 14 September 2020  |  09:58 WIB
Warga mengambil air dari sumur sawah di Dusun Ngasem, Monggot, Gundih, Grobogan, Jawa Tengah. - Antara/Yusuf Nugroho
Warga mengambil air dari sumur sawah di Dusun Ngasem, Monggot, Gundih, Grobogan, Jawa Tengah. - Antara/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Semarang menyampaikan hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) pada dasarian I September 2020.

Berdasarkan pantauan BMKG Semarang, secara umum wilayah Jawa Tengah terjadi 6-10 hari punya HTH dengan kriteria pendek. Namun, untuk wilayah Jateng bagian timur didominasi kriteria panjang sampai dengan sangat panjang.

"Bahkan sampai kriteria ekstrem (>60 hari tanpa hujan) terjadi di Rembang, Kecamatan Gunem. Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Tuban Wiyoso melalui siaran persnya, Senin (14/9/2020).

Sementara Analisis Curah Hujan Dasarian I September 2020, pihaknya mengatakan sebagian besar wilayah jateng masih pada kriteria rendah.

"Paling rendah (0–10 mm) ada di Jawa Tengah bagian timur dan Brebes, Tegal, Cilacap, sebagian Banyumas. Mulai muncul kriteria menengah (50-100 mm) di sekitar Mundong (Pemalang), Pekalongan bagian selatan," tuturnya.

BMKG Semarang juga prakiraan deterministik curah hujan Dasarian II September 2020, Jateng diprakirakan berintensitas rendah. Jawa Tengah bagian timur = 0-10 mm, semakin ke barat 11-20 mm dan Jawa Tengah bagian barat = 21-20 mm, kecuali Brebes dan Tegal semakin kering.

"Untuk Dasarian III September, hampir seluruh Jawa Tengah pada kriteria 21 – 50 mm kecuali pantura timur dan pesisir Brebes dan Wonogiri bagian selatan lebih rendah," katanya.

Dan muncul kriteria menengah (61 – 75 mm) pada Dasarian I dan II Oktober 2020, di perbatasan Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Purworejo dan Magelang. (K28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng kemarau
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top